Dekan FILKOM UB Resmikan KKN Daring 2021

Dekan FILKOM UB Resmikan KKN Daring 2021

Selasa (3/8/2021), Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya resmi membuka acara Kick Off KKN Filkom UB. Namun ada yang tak biasa di KKN tahun ini. Karena masih dalam suasana pandemi, kegiatan KKN dilakukan secara online untuk melindungi kesehatan dan keselamatan mahasiswa serta masyarakat dari penularan Covid-19.

Kick Off KKN ini dilaksanakan melalui video conference yang dibuka dengan Laporan Ketua Pelaksana KKN Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, S.Kom., M.Kom. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Dekan FILKOM UB dan Camat Poncokusumo Kabupaten Malang. Menariknya KKN ini walaupun dilaksanakan secara daring tetap secara antusias diikuti oleh 621 peserta dimana terbagi menjadi 62 kelompok dengan didampingi oleh dosen pembimbing lapangan sebanyak 32 yang terjun langsung ke 14 titik lokasi di 7 Kecamatan Kota maupun Kabupaten Malang. Secara operasional, kegiatan akan dilaksanakan mulai 26 Juli hingga 25 September 2021.

Kuliah Kerja Nyata mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, adalah kegiatan yang diselenggarakan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Sesuai dengan temanya “IT For Better Live”, KKN FILKOM bertujuan untuk menghadirkan teknologi di tengah masyarakat sebagai solusi atas sebagian permasalahan yang ada dengan harapan terciptanya kehidupan yang lebih baik dengan teknologi.

Dalam sambutannya, Dekan Filkom, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. menyampaikan bahwa KKN FILKOM tahun ini merupakan kegiatan KKN perdana yang diwajibkan bagi mahasiswa FILKOM, sebelumnya KKN dilakukan bersama dengan Universitas dan sifatnya opsional. Pada tahun ini FILKOM melaksanakan KKN ditengah pandemic, dan oleh karena itu KKN FILKOM dilaksanakan secara Hybrid (daring dan luring terbatas), ujar Wayan. Beliau berharap kontribusi FILKOM melalui KKN mahasiswa ini dapat memberikan manfaat langsung ke masyarakat maupun pemerintah daerah setempat. Banyak aktivitas KKN yang berlandaskan teknologi ini dapat dilakukan walaupun dalam kondisi daring, seperti edukasi terhadap beredarnya HOAX, pemberdayaan UMKM dengan teknologi dan banyak hal lainnya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa melalui kegiatan KKN. Pada akhir sambutannya, Wayan mengucapkan selamat mengikuti kegiatan KKN bagi mahasiswa FILKOM, dan secara simbolis meresmikan KKN FILKOM tahun 2021.

Selanjutnya Marendra Hengky Irawan, S.STP., M.AP selaku Camat Poncokusumo juga menyampaikan rasa terima kasih atas sambangnya Filkom ke Poncokusumo dalam membantu masyarakat untuk sadar akan penggunaan teknologi. Tentunya pihak kecamatan akan mendukung secara penuh kepada program-program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa beserta dosen Filkom agar menjadi kemajuan di daerah Poncokusumo, ujar Marendra. Desa Dawuhan Kecamatan Poncokusumo menjadi salah satu lokasi tujuan KKN mahasiswa FILKOM, disamping lokasi lainnya yaitu Desa Ngijo Kecamatan Karangploso, Desa Randuagung, Desa Tamanharjo dan Dengkol di Kecamatan Singosari, dan desa Sitirejo Kecamatan Wagir di Kabupaten Malang. Selain itu terdapat lokasi KKN di Kota Malang yaitu Kecamatan Lowokwaru yang terdiri dari 6 Kelurahan. Terakhir, penerimaan KKN mahasiswa Filkom secara simbolis dilaksanakan oleh Kepala Desa Dawuhan, Saiful Arifin, SE.(drn/ln)