Workshop Penulisan Buku bagi Tenaga Pengajar FILKOM UB

Workshop Penulisan Buku bagi Tenaga Pengajar FILKOM UB

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan Workshop dan Pelatihan Penulisan Buku dengan menggandeng Penerbit Andi, salah satu penerbit buku yang telah berpengalaman di tanah air. Workshop yang dihadiri oleh dosen FILKOM tersebut diselenggarakan di ruang H1.6 FILKOM UB pada Kamis (16/2/2017). Workshop ini diselenggarakan untuk mendorong para tenaga pengajar FILKOM untuk aktif dalam menulis dan menerbitkan buku, khususnya buku ajar.

Pada kesempatan tersebut hadir Joko Irawan Mumpuni, Direktur Penerbitan Penerbit Andi sebagai pemateri. Membuka paparannya Joko menyampaikan bahwa Penerbit Andi adalah penerbit asal Yogyakarta dengan 34 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia mulai Aceh hingga Papua. Oleh karenanya penerbit buku Andi memiliki jaringan pemasaran yang luas.

Menulis buku dikatakan Joko memiliki banyak manfaat antara lain memberikan kepuasan karena mampu menciptakan suatu capaian baru, meningkatkan reputasi, menunjang karir dan juga mampu menambah penghasilan. Bagi para penulis awam Joko memberikan beberapa tips tahapan pembuatan naskah untuk diserahkan kepada penerbit. Perlu diketahui bahwa tidak semua naskah yang masuk ke penerbit pasti dicetak menjadi buku. Ada tahapan seleksi untuk menentukan apakah suatu naskah layak dicetak dan diterbitkan sebagai buku atau tidak. Dijelaskan oleh Joko bahwa yang dimaksud naskah adalah hardcopy hasil tulisan yang berisi judul, daftar isi dan isi sebagian bab.

“Saya lebih menyarankan pengiriman naskah dalam bentuk hardcopy dan hanya sebagian bab yang diberikan bukan keseluruhan. Hal ini untuk menghindari hal negatif seperti pencurian naskah yang kemudian diterbitkan atas nama penulis lain,” jelas Joko.

Sementara itu ada beberapa tahapan seleksi penerimaan naskah. Dua diantaranya dipaparkan oleh Joko pada kesempatan tersebut. Pertama adalah memeriksa popularitas topik naskah melalui google trends. Dengan memasukkan keywords topik naskah pada google trends akan diketahui seberapa tren pencarian atas topik tersebut selama tiga hingga lima tahun terakhir. Topik naskah dengan tren yang stabil disepanjang tahun memiliki peluang yang tinggi untuk diterbitkan. Jenis seleksi kedua adalah memeriksa reputasi penulis melalui google cendekia dan atau google scholar. Penulis dengan jumlah sitasi yang tinggi memiliki peluang tinggi untuk diterbitkan bukunya karena dianggap sudah banyak yang menyukai hasil karya tulisnya.

Diharapkan usai pelaksanaan workshop ini akan banyak dosen FILKOM yang mengirimkan naskah bukunya ke penerbit untuk dipublikasikan. Membuat naskah disarankan oleh Joko dapat dimulai dengan hal sederhana yaitu mengumpulkan bahan presentasi yang selama ini digunakan untuk mengajar, kemudian mengolah kembali susunan kata yang digunakan agar lebih sesuai untuk format buku. Jika naskah telah siap, Joko juga mengingatkan agar penulis berhati-hati dalam memilih penerbit. Ciri-ciri penerbit yang baik adalah (1) memiliki visi dan misi yang jelas, (2) jaringan pemasaran luas, (3) memilki percetakan sendiri, (4) berani dalam mencetak jumlah eksemplar dan (5) jujur dalam pembayaran royalti. [dna]