UBITIG 2016: IT Challenge, Wadah Bagi Anak Bangsa untuk Berinovasi di bidang IT

UBITIG 2016: IT Challenge, Wadah Bagi Anak Bangsa untuk Berinovasi di bidang IT

Information Technology Challenge (IT Challenge) merupakan event kompetisi di bidang IT yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada 17 – 18 Oktober 2016. IT Challenge 2016 terdiri atas dua macam kompetisi yaitu (1) iFest 3.0 dan (2) Hackathon. Keduanya sama-sama merupakan kompetisi tingkat nasional bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang memperlombakan karya inovasi teknologi, namun memiliki perbedaan dalam tahap perlombaannya. Pada iFest peserta kompetisi sebelumnya diharuskan sudah memiliki karya inovasi teknologi yang telah jadi atau selesai dibuat dan ada wujud nyatanya untuk diperlihatkan. Sementara pada Hackathon peserta cukup memiliki ide inovasi teknologi tanpa harus sudah membuat produk jadinya. Disampaikan oleh Edy Santoso, S.Si, M.Kom selaku ketua pelaksana IT Challenge 2016 bahwa diharapkan dengan adanya kompetisi ini dapat mendorong para kaum muda generasi bangsa untuk lebih banyak berkreasi menciptakan inovasi teknologi yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan kemudian memajukan pertumbuhan Teknologi Informasi (IT) di Indonesia.

Lebih jauh lagi iFest 3.0 merupakan kompetisi yang dikelola oleh Badan Eksekutif Mahasiswa FILKOM (BEM FILKOM) dan tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraannya. Tahun ini iFest 3.0 memiliki konsep berbeda dibanding tahun sebelumya karena pertama kalinya diselenggarakan untuk lingkup nasional dan dikelola sebagai bagian dari kegiatan utama IT Challenge.
“Tahun sebelumnya iFest 1.0 dan 2.0 kita selenggarakan untuk peserta dari mahasiswa di FILKOM saja. Tahun ini dari segi peserta sudah diperluas untuk lingkup nasional dan untuk hadiah juga meningkat nominalnya dibanding tahun sebelumnya,” jelas Novia Ulfa salah satu steering committee BEM FILKOM pada iFest 3.0.

Rangkaian iFest 3.0 sudah dimulai dengan penerimaan pendaftaran peserta dan pengumpulan proposal serta video karya inovasi teknologi sejak Agustus 2016 lalu. Tercatat total 80 proposal yang masuk untuk tiga kategori kompetisi meliputi (1) Aplikasi, (2) Game dan (3) Inovasi Tepat Guna. Proposal yang masuk antara lain berasal dari perwakilan mahasiswa UI, UGM, UNY, UNLAM, ITS, PENS dan Universitas Brawijaya. Dari jumlah tersebut kemudian dipilih untuk setiap kategori masing-masing 8 tim yang lolos sebagai finalis. Para finalis terpilih wajib mempresentasikan karyanya dihadapan dewan juri serta peserta lainnya pada 17 Oktober 2016 dan kemudian mengikuti pameran pada 18 Oktober 2016. Untuk setiap kategori dipilih empat karya terbaik sebagai juara 1, 2 dan 3 serta tim terfavorit. Para pemenang berhak atas hadiah masing-masing juara 1 uang tunai senilai Rp. 5 juta, juara 2 uang tunai senilai Rp. 3 juta, juara 3 uang tunai senilai Rp. 1 juta dan juara favorit mendapat piagam penghargaan serta tropi.
“Juara favorit ditentukan dari perolehan poin oleh pengunjung saat pameran,” jelas Novia.

Sementara Hackathon mengangkat tema kompetisi “Pelayanan Publik yang Dapat Diterapkan di FILKOM”. Disampaikan oleh Lutfi Fanani, S.Kom., M.T., M.Sc. selaku koordinator acara IT Challenge 2016 bahwa pada Hackhaton tahun ini terdapat sejumlah 42 tim yang men-submit ide karyanya.  Dari jumlah tersebut dipilih 20 tim terbaik yang kemudian maju ke babak final. Hackhaton yang diselenggarakan selama dua hari mewajibkan finalis mengikuti tahapan seleksi live coding pada hari pertama (17/10/2016). Pada sesi tersebut peserta diberikan waktu selama kurang lebih sembilan jam untuk mewujudkan ide karyanya dengan melakukan pemrograman langsung di venue perlombaan. Kemudian pada hari kedua finalis wajib mempresentasikan hasil karya yang telah dibuatnya tersebut dihadapan para dewan juri. Pada kompetisi Hackhaton pemenang yang dipilih adalah juara 1, 2 dan 3. Dimana juara 1 berhak atas hadiah uang tunai senilai Rp. 4 juta, juara 2 senilai Rp. 2,5 juta dan juara 3 senilai Rp. 1,5 juta.

Untuk diketahui IT Challenge merupakan rangkaian kegiatan acara UB IT Innovation Gathering 2016 yang diselenggarakan oleh FILKOM UB. UBITIG 2016 diselenggarakan dengan tujuan untuk menyediakan wadah dan memfasilitasi pertemuan antara akademisi, praktisi, peneliti, industri dan pemerintah yang memegang kepentingan dalam perkembangan Information Technology (IT) di Indonesia. UBITIG 2016 diselenggarakan selama lima hari pada 15 – 19 Oktober 2016 dengan mengusung berbagai rangkaian acara meliputi international conference dan symposium, seminar nasional, CEO Talks, kompetisi bidang IT, pameran penelitian dan IT Expo. Pengumuman pemenang lomba iFest 3.0 dan Hackhaton pada 18 Oktober 2016 dilaksanakan bersamaan dengan pengumuman juara pre event UB IT Innovation Gathering 2016 yaitu kompetisi bagi siswa SMA sederajat se Malang. [dna]

Berikut pemenang kompetisi pada IT Challenge 2016

Pemenang Hackathon 2016:

  1. JUARA 1
    Judul: Kantin-Q
    Ketua: William Wihardjo
    STT Stikma Internasional
  2. JUARA 2:
    Judul: E-presence RFID
    Ketua: Ruwansyah Imammudin
    STT Stikma Internasional
  3. JUARA 3:
    Judul: Filkom Cloud
    Ketua: Abraham Richard Ivan Lay
    Universitas Brawijaya

Lomba SMA/sederajat

Kategori: Olimpiade TI

Juara 1

Sabina Rizky Isaura

SMAN 5 Malang

Juara 2

AGATHA RAFID PRATAMA

SMAN 5 Malang

Juara 3

Nurfitra Pujo Santiko

SMAN 10 Malang

Kategori: Lomba Fotografi

  1. Wahyu Aji
  2. Kevin Yehezkiel
  3. Alif Rizky

Kategori: Lomba Video

  1. Achmad Revaldi
  2. Kevin Yehezkiel
  3. Edhiasta Revin

Pemenang iFest 3.0 

Kategori Game:

Juara 1: Agni Two (ITS)
Juara 2: Agni Monkey (ITS)
Juara 3: Little Raion (UB)
Best Idea: Agni Monkey
Favorite: Little raion

Kategori Inovasi Tepat Guna:

Juara 1:snepshot (UB)
Juara 2:ocean 46(PENS)
Juara 3:on go (ITS)
Favorite : GL Preketek(UB)
Best Idea : Ocean 46(PENS)

Kategori Aplikasi:

Juara 1: Tahu Telor team (UB)
Juara 2: Mbengkel Team (UGM)
Juara 3: OFarm (UB)
Favorite : mbengkel
Best idea : Tahu Telor team