Mahasiswa FILKOM UB Raih Dua Juara 1 Nasional pada Kompetisi UI/UX Design 2025

Mahasiswa FILKOM UB Raih Dua Juara 1 Nasional pada Kompetisi UI/UX Design 2025

dok. Pribadi

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional. Melalui tim yang beranggotakan Aaliyah Shirein, Rifa Qonitah, dan Stephanie Gabriella Wijaya (Program Studi Sistem Informasi), mahasiswa FILKOM UB berhasil meraih dua Juara 1 pada kompetisi desain antarmuka dan pengalaman pengguna (UI/UX) di dua ajang berbeda, yaitu Identitas Manajemen Informatika Astratech 2025 dan Information System Event (INSEVENT) 2025.

dok. Pribadi

Prestasi pertama diraih pada ajang Identitas Manajemen Informatika Astratech 2025 yang dilaksanakan pada Sabtu (13/12/2025) secara daring dan diikuti 77 tim dari berbagai institusi pendidikan. Tim FILKOM UB meraih Juara 1 melalui karya GaiaVerse, sebuah rancangan aplikasi UI/UX yang mendorong edukasi bagi anak-anak dan remaja untuk menjaga bumi dan kelestarian lingkungan. GaiaVerse dikembangkan dengan pendekatan berbasis riset pengguna, alur interaksi yang intuitif, serta tampilan visual yang konsisten dan ramah pengguna. Konsep GaiaVerse dinilai mampu menggabungkan sisi edukasi, kreativitas, dan kepedulian lingkungan dalam satu platform digital yang mudah diakses dan relevan dengan generasi muda, sejalan dengan semangat pembangunan berkelanjutan (SDGs 13: Climate Action).

Salah satu anggota tim, Stephanie Gabriella Wijaya, menyampaikan bahwa proses kolaborasi menjadi kunci keberhasilan mereka.

“Setiap anggota memiliki sudut pandang berbeda sehingga kami bisa saling melengkapi. Diskusi, eksplorasi, dan kerja sama membuat ide kami semakin solid dan terarah menuju solusi yang bermanfaat,” ujarnya.

dok. Pribadi

Prestasi berikutnya diraih pada ajang Information System Event (INSEVENT) 2025, yang diselenggarakan secara daring pada Rabu (26/11/2025) oleh Universitas Mulawarman. Dengan mengusung tema “Kreativitas Digital Anak Muda Menuju Generasi Inovatif di Masa Depan”, kompetisi ini menitikberatkan penilaian pada aspek desain visual, kualitas pengalaman pengguna, kreativitas, dan relevansi solusi digital. Pada ajang ini, tim FILKOM UB menampilkan karya Talora (Talent Lounge for Creators), sebuah rancangan aplikasi UI/UX yang menghadirkan ruang aman dan profesional bagi generasi muda untuk menunjukkan karya kreatif, membangun portofolio digital, serta berkolaborasi lintas bidang. Talora menunjukkan integrasi kuat antara riset pengguna, desain antarmuka yang intuitif, dan pengalaman pengguna yang mendalam, sehingga dinilai sebagai karya yang matang dan solutif.

Salah satu anggota tim, Aaliyah Shirein, menambahkan bahwa proses kreatif mereka sangat menantang namun bermakna.

“Kami harus benar-benar memahami kebutuhan pengguna agar desain tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memberikan pengalaman yang relevan dan bermanfaat. Tantangannya besar, tetapi menjadi proses pembelajaran yang sangat berharga bagi kami,” tuturnya.

Keberhasilan meraih dua Juara 1 nasional di dua kompetisi berbeda dalam waktu berdekatan menunjukkan kapasitas mahasiswa FILKOM UB dalam berinovasi di bidang UI/UX, sekaligus membuktikan bahwa kreativitas, riset pengguna, dan kolaborasi tim adalah fondasi penting bagi pengembangan solusi digital yang berdampak. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa FILKOM UB lainnya untuk terus mengembangkan kompetensi, berpartisipasi dalam ajang kompetisi nasional, dan menciptakan karya yang mendukung perkembangan teknologi di Indonesia. FILKOM UB berkomitmen menciptakan iklim pembelajaran yang mendorong inovasi, kreativitas, dan prestasi mahasiswa sebagai bagian dari upaya mencetak talenta digital yang unggul di era transformasi digital. (rr)