Tim Mahasiswa PTI FILKOM UB Juara 2 dan 3 Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional Di Universitas Negeri Malang

Tim Mahasiswa PTI FILKOM UB Juara 2 dan 3 Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional Di Universitas Negeri Malang

dok. Pribadi

Dua Tim dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI), Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) berhasil mendapatkan juara 2 dan 3 pada kompetisi FESTIVAL KREATIF #9 2025 Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional, yang diselenggarakan oleh Departemen Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang pada tanggal 18 Mei 2025. Tim yang diketuai oleh Alivia Putri Zuhriah PTI 2022 dengan anggota ⁠Alya Andini Presetyo PTI 2022 mendapatkan Juara 2. Sedangkan Tim yang diketuai oleh Putri Ayu Andini PTI 2022 dengan anggota Manda Apriliani Fadzillah PTI 2022, Rahma Nabila PTI 2022, dan Nisa Amalia Desain Grafis 2023 mendapatkan Juara 3.

Dengan bimbingan Dr. Okta Purnawirawan, S.Pd., M.Pd., Gr., kedua tim tersebut telah melalui babak penyisihan, dan lolos sehingga masuk dalam nominasi Peserta Final. Pengumuman dilaksanakan secara luring pada tanggal 18 Mei 2025. Tim Alivia Putri Zuhriah membuat media pembelajaran berbasis game edukasi dengan nama produk “TENSESLY”. Sedangkan Tim Putri Ayu Andini membuat media pembelajaran berbasis game edukasi juga dengan nama produk “Math Explorer”. “TENSESLY” adalah game edukasi interaktif berbasis Game Based Learning dengan Pendekatan Inquiry Learning, dirancang untuk membantu siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas XI dengan dilengkapi fitur gamifikasi dan tantangan aplikatif, TENSESLY mendorong eksplorasi, berpikir kritis, dan meningkatkan minat belajar siswa secara mandiri. “Math Explorer” merupakan game edukasi interaktif berbasis petualangan yang dirancang untuk membantu siswa Sekolah Dasar (SD) khususnya untuk siswa kelas 4 memahami materi bangun datar secara menyenangkan dan selaras dengan Kurikulum Merdeka serta Profil Pelajar Pancasila.

dok. Pribadi

“Keberhasilan Kedua Tim tersebut pada kompetisi FESTIVAL KREATIF #9 2025 Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional adalah bukti nyata bahwa mahasiswa FILKOM mampu bersaing dan berprestasi di bidang Pengembangan Media Pembelajaran. Selain itu, mahasiswa dapat menggunakan perangkat teknologi informasi untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis game edukasi. Dedikasi dan kreativitasnya harus terus diasah untuk bekal masa depan. Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus mengembangkan potensi dan berkontribusi positif dalam berbagai bidang,” ujar Okta. (op/rr)”.