FILKOM UB Adakan Workshop Penguatan OBE pada SIADO dan BRONE
![](https://filkom.ub.ac.id/wp-content/uploads/porto_placeholders/100x58.jpg)
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan workshop bertajuk Penguatan Outcome Based Education (OBE) pada Sistem Informasi Dosen (SIADO) dan Brawijaya Online Learning (BRONE). Kegiatan yang terlaksana selama dua hari ini (3/2 dan 4/2/2025) di Auditorium Algoritma, FILKOM UB, dibuka oleh dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. Dengan dilaksanakan workshop rutin ini, prof. Wayan berharap tenaga pendidik FILKOM UB selalu ter-update dengan keterampilan dan pengetahuan baru.
Workshop hari pertama dan kedua menghadirkan narasumber yang kompeten dan membahas tema yang sesuai dengan kebutuhan tenaga pendidik FILKOM UB. Pada sesi pertama, dengan tema Cara Memotivasi dalam pembelajaran untuk mahasiswa Gen-Z, menghadirkan pembicara Rekyan Regasari Mardi Putri, S.T., M.T. Pada sesi kedua, Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd., menyampaikan tema Pembelajaran OBE (RPS, Matriks CPL-CPMK, Lembar Kerja, Rubrik). Hari pertama ditutup dengan kegiatan praktek langsung bersama Dr. Eng. Budi Darma Setiawan, S.Kom., M.Cs., terkait Pendampingan Pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Lengkap.
![](https://filkom.ub.ac.id/wp-content/uploads/porto_placeholders/100x58.jpg)
Rekyan, dalam materinya menyampaikan, sebagai tenaga pendidik, sudah menjadi kewajiban untuk memahami anak didik. Terlebih generasi Z memiliki karakter yang sangat bertolak belakang dengan generasi X dan generasi Milenial.
“Perbedaan karakter ini menuntut tenaga pendidik untuk menyesuaikan pendekatan dan strategi pengajaran agar relevan dan efektif bagi generasi Z. Pola pembelajaran dan menyajikan informasi secara visual melalui infografik, diagram, animasi, serta simulasi atau eksperimen virtual adalah salah satu metode yang bisa kita pakai,” tutur Rekyan.
Pada sesi hari kedua, menghadirkan Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, S.T., M.T., dengan tema Penggunaan Modul Ajar untuk Meningkatkan Efektifitas dalam Proses Pembelajaran. Dilanjutkan Rizal Pahlevi Hilabi, Editor in Chief di PT Penerbit Erlangga, dengan tema Konversi Buku Ajar Menjadi Buku Populer. Materi dilanjutkan oleh Ir. Tri Afirianto, S.T., M.T., dengan materi Pembuatan Video Pembelajaran berbasis AI yang Menarik dan Menyenangkan. Kegiatan ditutup dengan materi dari Hariz Farisi, S.Kom., M.T., dengan tema Pembuatan slide berbasis AI.
![](https://filkom.ub.ac.id/wp-content/uploads/porto_placeholders/100x58.jpg)
Tri Afirianto, atau akrab disapa Afi, menyampaikan bahwa pembuatan video pembelajaran yang menarik dapat memotivasi mahasiswa untuk menyukai mata kuliah yang diajarkan.
“Video pembelajaran akan sangat efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Keterlibatan media pembelajaran berbasis teknologi, seperti video pembelajaran, kuis interaktif, dan platform pembelajaran daring, akan dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk belajar. Sekali lagi, kita tidak boleh abai, interaktivitas dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh teknologi memungkinkan mahasiswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar, yang berdampak positif pada hasil akademis” jelas Afi.
Ketua pelaksana workshop, Ir. Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom., atau yang biasa disapa Joy, mengatakan workshop ini menghadirkan langsung narasumber yang memiliki keahlian dibidangnya. Terlebih tantangan pembelajaran pada generasi Z saat ini memerlukan metode khusus juga adanya faktor yang tidak bisa diabaikan oleh tenaga pendidik.
“Kita semua tahu adanya kesenjangan antara metode pengajaran tradisional dan preferensi belajar generasi Z. Generasi Z tumbuh di era digital dan lebih memilih pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Sebagai tenaga pendidik, kesenjangan ini tidak bisa kita abaikan,” ujar Joy. (rr)