Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Remaja di SMPN 20 Malang oleh tim Dosen FILKOM UB

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Remaja di SMPN 20 Malang oleh tim Dosen FILKOM UB

Bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 20, Kota Malang, tim dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengadakan kegiatan Pelatihan Menulis Ilmiah guna Meningkatkan Kualitas Tulisan Karya Ilmiah Remaja. Kegiatan ini dilaksanakan pada 13 September 2024, dimulai pukul 13:00 hingga 15:00. Dalam pelatihan ini, hadir sebagai narasumber Dr. Achmad Arwan, S.Kom., M.Kom. dan Wijaya Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D., juga kontribusi dari rekan dosen lainnya, yaitu Yuita Arum Sari, S.Kom., M.Kom. Ph.D. dan Sigit Adinugroho, S.Kom., M.Sc. Ph.D. Selaku ketua pelaksana Arwan berharap bahwa kegiatan ini dapat memotivasi siswa dan siswi SMPN 20 untuk menulis dan berpartisipasi dalam kompetisi karya tulis ilmiah.

“Kegiatan ini kami adakan untuk memberi pengetahuan, pemahaman bagaimana mencari ide dan kemudian menuliskan kedalam tulisan ilmiah kepada siswa SMPN 20 agar meningkatkan kualitas tulisan ilmiah para siswa,” jelas Arwan.

Selama pelatihan, peserta mendapatkan materi mengenai struktur penulisan karya ilmiah, teknik pengumpulan data, serta cara menyusun argumen yang logis dan berbasis penelitian. Selain itu, siswa juga diajak untuk berlatih menulis dan mendiskusikan karya mereka dengan narasumber. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat FILKOM UB untuk mendukung pendidikan di tingkat sekolah menengah dan mendorong generasi muda untuk aktif dalam dunia penelitian dan penulisan ilmiah. Diharapkan, melalui pelatihan ini, siswa SMPN 20 dapat lebih siap menghadapi tantangan akademik di masa depan dan memiliki minat yang lebih besar terhadap penulisan ilmiah (rr)