FILKOM UB Adakan Rapat Kerja Pelaporan PDDIKTI Fakultas Semester Genap T. A. 2023/2024 dan Semester Ganjil T. A. 2024/2025

FILKOM UB Adakan Rapat Kerja Pelaporan PDDIKTI Fakultas Semester Genap T. A. 2023/2024 dan Semester Ganjil T. A. 2024/2025

Bertempat di Gedung F, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Sabtu (07/09/2024), Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan dan Sub Bagian Umum dan Keuangan mengadakan Rapat Kerja Pelaporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Kegiatan dibuka oleh dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D., juga dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Hermawan Dwi Putra, S.H., M.H., Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan. Hariyatul Fitriyah, S.AB. Hadir juga Riski Trisnadi, S.T. dan Fajar Dewantara, S. Kom. selaku Narasumber.

Dekan FILKOM menyampaikan bahwa rapat kerja ini perlu dilaksanakan, agar dapat mengambil langkah terkait status mahasiswa. Ada opsi opsi yang bisa dilakukan oleh fakultas terkait mahasiswa yang secara status tidak tercantum dalam data PDDIKTI.

“Mahasiswa disarankan untuk mengajukan cuti kuliah bila ada masalah dengan keuangan. Apabila dianggap tidak dapat melanjutkan perkuliahannya disarankan untuk mengundurkan diri,” jelas dekan.

Lebih lanjut, hal ini dilakukan untuk menghindari agar mahasiswa tidak memiliki hutang ke FILKOM. Jika status mahasiswa tidak terdaftar dalam data PDDIKTI, maka akan tetap tertagih kembali, dan bila tidak terdaftar dua kali, maka akan otomatis Drop Out (DO) pada semester berikutnya, akan tetapi mahasiswa masih memiliki tanggungan di dua semester tersebut.

Status DO pada data PDDIKTI statusnya adalah non-aktif, maka harus dilakukan penanganan, dengan merubah status DO menjadi mengundurkan diri. Jika tidak ada penanganan, maka mahasiswa tersebut statusnya masih mengambang di DIKTI dan tidak dapat melanjutkan ke Universitas lain. Maka dari itulah sangat perlu dilakukan penyesuaian atau update data akademik, untuk memastikan data akademik yang terkait dengan SIAKAD, UB Feeder, dan PDDIKTI diperbarui dan diperiksa secara akurat. Hal ini dilakukan untuk memastikan keakuratan dan konsistensi data yang digunakan dalam sistem akademik universitas. (rr)