AI Center UB dan Google Cloud Gelar Workshop AI Series #2 2024 – UB X Google Cloud AI Bootcamp

AI Center UB dan Google Cloud Gelar Workshop AI Series #2 2024 – UB X Google Cloud AI Bootcamp

Pada Rabu, 21 Agustus 2024, Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan workshop bertajuk “Workshop AI Series #2 2024 – UB X Google Cloud AI Bootcamp“. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Algoritma, Gedung G Lantai 2, Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM). Workshop ini menarik minat 100 lebih peserta yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan dari seluruh fakultas di UB, yang antusias mengikuti kegiatan untuk memperdalam pengetahuan mereka dalam bidang Kecerdasan Artifisial (Artificial Intelligence/AI) dan Pembelajaran Mesin (Machine Learning/ML) menggunakan platform Google Cloud AI.

Workshop merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh AI Center UB dalam kolaborasi dengan Google Cloud Indonesia. Acara ini dibuka dengan sambutan dari beberapa tokoh penting UB dan Google Cloud Indonesia. Sambutan pembuka disampaikan oleh Dr. Raden Arief Setyawan, S.T., M.T., Direktur Direktorat Teknologi Informasi (DTI) UB, yang menekankan pentingnya pemahaman teknologi AI bagi civitas academica UB untuk tetap relevan di era digital. Andi Kurniawan, S.Pi., M.Eng. D.Sc., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Internasionalisasi, turut memberikan sambutan dan menegaskan komitmen UB dalam mendukung inovasi teknologi melalui pengembangan kapasitas AI.

Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D., selaku Ketua AI Center UB, juga menyampaikan apresiasi dan harapannya terhadap kelanjutan program ini.

Workshop ini sangat penting dan bermanfaat bagi civitas academica UB, khususnya yang tertarik dan terlibat dalam bidang AI multidisiplin. Ke depannya akan ada lagi workshop AI serupa serta sertifikasi di bidang AI yang akan dilaksanakan oleh AI Center UB,” ujarnya.

Anang Efendy, Country Manager – Enterprise and Public Sector, Google Cloud Indonesia, menambahkan bahwa Google Cloud berkomitmen mendukung pengembangan AI di Indonesia, terutama di lingkungan akademis.

Sebagai narasumber utama, Cliff Tangel, Google Cloud Customer Solutions Consultant, memandu para peserta melalui berbagai materi menarik seperti “AI Landscape on Google,” “Intro to LLM and Prompt Engineering,” “Retrieval Augmented Generation (RAG),” dan “Gen-AI Use Case.” Peserta aktif berpartisipasi dalam sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh tim dari Google Indonesia, menunjukkan minat yang tinggi terhadap penerapan AI dalam berbagai bidang. Dengan suksesnya acara ini, AI Center UB berharap dapat terus mengadakan program-program serupa yang dapat memperkuat pemahaman dan keterampilan AI di kalangan civitas academica UB, mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan dengan lebih siap dan berdaya saing. (rsp/rr)