FILKOM UB Adakan Mini Lecture: Clustering Theory and Application using Orange Data Mining

FILKOM UB Adakan Mini Lecture: Clustering Theory and Application using Orange Data Mining

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengadakan mini lecture bersama Rizal Setya Perdana, S.Kom., M.Kom., Ph.D., dari Departemen Teknik Informatika – Program Studi Teknik Informatika, FILKOM UB. Mini lecture ini melibatkan mahasiswa dari Iloilo State University of Fisheries Science And Technology (ISUFST), Filipina, pada hari Kamis, 22 Agustus 2024, bertempat di gedung F, FILKOM UB. Kegiatan yang merupakan bagian dari Program Special Course 2.0 yang diselenggarakan oleh International Relations Office (IRO), yang bertujuan untuk mempererat hubungan internasional dan memperluas wawasan mahasiswa dalam bidang teknologi informasi. Sesuai dengan keahlian beliau di bidang Information Retrieval, Text Mining, Social Media Analysis, tema mini lecture adalah Clustering Theory & Application using Orange Data Mining.

Dalam mini lecture ini, beliau membahas konsep dasar dan aplikasi dari teknologi Orange, bagaimana teknik-teknik tersebut dapat diterapkan dalam analisis data dan media sosial.

Orange adalah program yang dirancang khusus untuk memudahkan proses data mining dan analisis data, terutama bagi pengguna yang tidak memiliki keterampilan pemrograman,” jelas beliau.

Pengguna dapat melakukan analisis data tanpa memiliki coding skills, cukup dengan memilih dan menghubungkan widget sesuai kebutuhan analisis. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang teknologi informasi, tetapi juga memperkuat kerjasama akademik antara UB dan institusi pendidikan di luar negeri. Dengan adanya program seperti ini, FILKOM UB berkomitmen untuk terus mendorong kolaborasi internasional dan pengembangan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi tantangan di era digital. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang aktif, di mana mahasiswa dari kedua universitas saling bertukar ide dan pengalaman, serta menjalin hubungan yang lebih erat untuk kolaborasi di masa depan.