PTI FILKOM UB Adakan Sosialisasi Pengarahan Implementasi Kurikulum 2024

PTI FILKOM UB Adakan Sosialisasi Pengarahan Implementasi Kurikulum 2024

Program Studi (Prodi) Sarjana Pendidikan Teknologi Informasi (PTI), Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Jumat, 5 Juli 2024 mengadakan sosialisasi Pengarahan Implementasi Kurikulum 2024 melalui Google Meet dengan narasumber Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Prodi Sarjana PTI. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi kurikulum yang akan dilaksanakan di semester ganjil 2024/2025.


Ada beberapa hal yang harus dicermati bagi mahasiswa tahun akademik 2023 dan sebelumnya terkait dengan implementasi kurikulum 2024. Pertama, mahasiswa harus mencermati jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang diambil agak tidak overload. Kedua, perlunya melibatkan dosen pembimbing akademik (PA) pada implementasi kurukulum baru, agar tidak terjadi kesalahan perhitungan. Ketiga pembaruan kurikulum ini akan berdampak pada susunan mata kuliah (MK) yang telah tersusun selama ini. Keempat, dengan pembaruan kurikulum ini, maka ada MK yang dihapus dan MK baru diterapkan di semester ganjil 2024/2025.

Dalam masa perkuliahan mahasiswa menempuh 145 SKS untuk MK Wajib dan MK pilihan, untuk efisiensi waktu agar tidak terjadi over study karena kesalahan perhitungan SKS. Juga diharapkan tidak terjadinya banyak project dalam satu semester. Harapannya penilaian untuk satu project pada mata kuliah tertentu bisa diklaim atau diintegrasikan pada mata kuliah lain di semester yang sama sehingga beban studi mahasiswa dalam satu semester bisa lebih ringan. Sosialisasi yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini berjalan dengan lancar dan munculnya pertanyaan dari peserta Google Meet. (rr)

Materi lebih lanjut terkait sosialisasi dapat diunggah melalui pranala berikut : Pengarahan Implementasi Kurikulum 2024