RES LAB dan ICN LAB FILKOM UB Berkolaborasi dengan STSCIN dan USM untuk Menyelenggarakan Hands-On Workshop tentang Embedded dan Cyber-Physical System

RES LAB dan ICN LAB FILKOM UB Berkolaborasi dengan STSCIN dan USM untuk Menyelenggarakan Hands-On Workshop tentang Embedded dan Cyber-Physical System

Laboratorium Robotika dan Embedded Systems (Robotics and Embedded System Laboratory, RES Lab) bersama dengan Laboratorium Jaringan Berbasis Informasi (Information-Centric Networking Laboratory, ICN Lab) FILKOM UB, bekerja sama dengan the Science, Technology, and Sustainable Cities Innovation Network in Southeast Asia (STSCIN) dan Universiti Sains Malaysia (USM) yang berada di peringkat 146 QS World University Rankings, sukses mengadakan hands-on workshop bertajuk “Fundamentals of Embedded and Cyber-Physical Systems“.

Hands-on workshop ini merupakan bagian dari program berkelanjutan “JALAN (belaJAr buLANan)” season-2, yang merupakan kelanjutan dari sesi pertama yang sukses diselenggarakan oleh RES Lab pada semester lalu. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 25 hingga 26 Juni 2024, dan diikuti oleh 56 peserta dari civitas akademika FILKOM UB. Kegiatan ini juga merupakan pengembangan kapasitas dan global partnership yang terus dilaksanakan oleh FILKOM UB secara konsisten.

Dalam Hands-on workshop ini, peserta mempelajari enam materi utama yang meliputi: Introduction to Embedded Systems, Microcontrollers and Development Boards, Embedded System Programming, Sensors and Actuators, Introduction to Cyber-Physical Systems, dan Components of Cyber-Physical Systems. Seluruh materi disampaikan oleh Dr. Chong Yung Wey, senior lecturer dari Universiti Sains Malaysia dan AISC Network Frontier’s Champion. Metode penyampaian materi sangat interaktif, di mana peserta menggunakan simulator Tinkercad untuk langsung mempraktikkan konsep-konsep yang dipelajari.

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan studi kasus tertentu di setiap materi. Setelah itu, dilakukan sesi diskusi yang intensif untuk membahas hasil kerja kelompok. Pada akhir Hands-on workshop, peserta mempresentasikan hasil proyek mereka yang terkait dengan embedded dan cyber physical systems di berbagai bidang seperti transportasi, kesehatan, industri, dan pertanian. Edita Rosana Widasari, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D. selaku kepala Lab RES mengatakan kegiatan hands-on workshop ini tidak hanya menambah education quality, wawasan teoritis peserta tetapi juga memperkuat kemampuan praktis mereka dalam bidang embedded dan cyber physical systems, sehingga siap menghadapi tantangan di dunia kerja dan industri. (erw/rr)