Tim ATOM Robotik FILKOM UB Menuju Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional Tahun 2024

Tim ATOM Robotik FILKOM UB Menuju Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional Tahun 2024

Tim ATOM dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) terus mematangkan strategi menjelang Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional Tahun 2024. Setelah melewati serangkaian tahap seleksi yang ketat, termasuk seleksi proposal, penilaian laporan kemajuan, penilaian video penampilan robot, dan tahap seleksi tingkat wilayah, tim ini berhasil mencetak sebanyak 39 gol.

Prestasi ini membawa Tim ATOM menjadi salah satu finalis dalam Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid. Ajang nasional bergengsi ini akan diselenggarakan secara luring di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada 3 – 8 Juli 2024.

Strategi yang diterapkan Tim ATOM tahun ini adalah hasil penelitian kolaboratif dengan laboratorium Robotika dan Embedded System. Strategi tersebut melibatkan komunikasi antar robot yang lebih efisien dan peningkatan keseimbangan robot. Selain itu, Tim ATOM akan menggunakan lima robot untuk perlombaan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya menggunakan dua robot saja. Diharapkan dengan adanya strategi ini, Tim ATOM dapat mencetak gol dengan poin tertinggi dalam kompetisi nanti.

Pada kesempatan ini, Edita Rosana Widasari, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D. selaku kepala Laboratorium Robotika dan Embedded System (Lab RES) berharap persiapan maksimal yang telah dilakukan tim ATOM menuju KRI tahun 2024 dapat memberikan hasil yang terbaik dalam academic achievement untuk FILKOM

“Komunikasi antar robot dan keseimbangan adalah kunci dalam pertandingan sepak bola robot. Kami telah melakukan berbagai pengujian dan simulasi untuk memastikan strategi ini berjalan dengan optimal,” ujar Bapak Dr. Eng. Gembong Edhi Setyawan, S.T., M.T. selaku dosen pembimbing tim ATOM.

Selamat atas kelolosan Tim ATOM ke tingkat Nasional! Mari kita dukung dan doakan perjalanan Tim ATOM untuk mendapatkan hasil terbaik dan berprestasi di KRI Tingkat Nasional Tahun 2024!. FILKOM For Society. (erw/rr)