Tim Warlok dari FILKOM UB Meraih Juara di NEC 2024

Tim Warlok dari FILKOM UB Meraih Juara di NEC 2024

Tim Warlok yang diketuai oleh delegasi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), Hanidura Ayatulloh (Teknik Informatika ’22) berhasil meraih Bronze Medal pada National Education Competition (NEC) Season 2 yang diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. Melalui presentasi pariwisata digital sebagai solusi atas ketidakmerataan akses tempat pariwisata dan kurangnya perhatian dari pemerintah Provinsi Jawa Timur, maka tim mengembangkan aplikasi bernama Warlok untuk mempermudah pengguna memperoleh informasi estimasi waktu, virtual reality kondisi tempat pariwisata terkini dan reservasi melalui genggaman tangan.

Pada lomba yang diselenggarakan di 12 Mei 2024, tim Warlok berhasil meraih penghargaan Best Poster pada kategori business plan pariwisata dan Favorit Poster pada kategori business plan. Tim yang beranggotakan Daffa Satria Prabowo (Keuangan dan Perbankan ’22), Clara Faustine Lie (Keuangan dan Perbankan ’22), Desika Putri Nuraeni (Administrasi Bisnis ’22), dan Adi Setiawan (Universitas Gunadarma, Farmasi ’22) berhasil menyisihkan 50 kompetitor pada tahap awal dan menyisihkan 3 kompetitor pada tahap semifinal. Diantara 50 kompetitor yang ikut berkompetisi pada kesempatan kali ini terdapat juga tim dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, dan Universitas Indonesia.

Selaku dosen pembimbing, Dr.Eng. Ir. Herman Tolle, S.T., M.T., menyampaikan bahwa tim Warlok telah melakukan persiapan yang matang dalam perlombaan NEC kali ini. Konsultasi dan diskusi dengan Hanidura, Daffa, Clara, Desika dan Adi terlaksana secara intensif. Beliau berharap prestasi ini akan memperkaya portofolio mereka dan dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk berprestasi.

Ketua tim Warlok, Hanidura menyampaikan, durasi pengerjaan dilakukan selama 3 bulan dan berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Proses persiapan administrasi di fakultas, pembuatan poster, karya sesuai format ketentuan yang tercantum di proposal ketentuan lomba. Jadikan permasalahan sekitar menjadi sarana untuk menghasilkan ide baru yang dapat membantu ekosistem di dalamnya dan jangan takut untuk mencoba mengikuti kompetisi karena di FILKOM dosen pembimbing dan mentor terbaik siap membantu. Terimakasih dan selamat kepada ananda Hanidura Ayatulloh, Daffa Satria Prabowo, Clara Faustine Lie, Desika Putri Nuraeni, dan Adi Setiawan atas prestasi yang membanggakan dan membawa harum nama FILKOM dan Universitas Brawijaya. FILKOM For Society. (rr)