FILKOM UB : Sekilas Tentang Studio dan Laboratorium Multimedia FILKOM UB

FILKOM UB : Sekilas Tentang Studio dan Laboratorium Multimedia FILKOM UB

Dalam rangka menunjang pembelajaran maju yang menerapkan pendekatan blended learning, maka Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) memfasilitasi dengan adanya studio multimedia untuk mendukung proses pembuatan media video ajar maupun bahan ajar digital lainnya. Studio multimedia berada di lt. 10 gedung F dan dikelola oleh Unit Pengembang Media Digital yang diketuai oleh Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds.

Selain studio multimedia, FILKOM UB juga memiliki fasilitas lab. produksi multimedia berbasis Macintosh (Mac). Ruangan ini berisikan sekitar 20 unit komputer Mac yang digunakan untuk pembuatan konten konten digital dan pengembangan teknologi berbasis Apple. Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T., menjelaskan bahwa keberadaan studio multimedia dan lab. Mac dan bertujuan untuk mendukung prestasi akademik dan kualitas pendidikan mahasiswa/i.

Lebih lanjut beliau menambahkan, laboratorium Mac yang berada di Gedung F diperuntukkan pembelajaran seluruh sivitas akademik di FILKOM UB. User Interface (UI) atau tampilan antarmuka pada sistem operasi macOS yang dikembangkan oleh Apple Inc. memiliki ciri khas desain elegan, minimalis, intuitif dan memiliki ikon-ikon yang khas.

Studio Multimedia memberikan akses untuk memproduksi beragam konten multimedia, termasuk konten pembelajaran dan edukasi. Fasilitas yang tersedia di studio ini mencakup peralatan dan perangkat lunak mutakhir, memungkinkan penggunaan yang optimal untuk keperluan pengembangan konten multimedia yang kreatif dan bermanfaat. Untuk izin penggunaan Studio Multimedia  dan Laboratorium Macintosh bagi sivitas akademik FILKOM UB, bisa menghubungi ibu Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. (rr/ht/ei/ds)