Kilas Balik FILKOM UB 2023, Selalu Menebar Guna dan Manfaat bagi Masyarakat

Kilas Balik FILKOM UB 2023, Selalu Menebar Guna dan Manfaat bagi Masyarakat

Tahun 2023 telah berlalu Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) siap melangkah dan berprestasi lebih baik di tahun 2024. Berikut ini adalah kilas balik kegiatan FILKOM UB di tahun 2023.

JANUARI 2023

11 Januari 2023 – Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D., menerima kunjungan perdana di tahun 2023 dari SMA Budi Mulia, Tangerang di Aula Auditorium Gedung G, lantai 2.

FEBRUARI 2023

2 Februari 2023 – Penyerahan piagam akreditasi Agentur für Qualitätssicherung Durch Akkreditierung von Studiengängen (AQAS) untuk FILKOM UB oleh Prof. Dr. Marco Platzner dari Paderborn University, Jerman di terima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES. dan dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D., didampingi oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T., Wakil Dekan bidang Administrasi dan Keuangan, Ir. Agus Wahyu Widodo, S.T., M.Cs., dan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom.

MARET 2023

21 Maret 2023 – Marhaban Ya Ramadhan 1444 H. FILKOM UB mengadakan kegiatan Tarhib Ramadhan, bertempat di Aula Auditorium Gedung G, lantai 2 dengan mengundang penceramah, Ustadz Ahmad Shobrun Jamil, S.Si., M.P dari Universitas Muhammadyah Malang, dipandu oleh Muhammad Aminul Akbar, S.Kom., M.T. Pada bulan suci ini juga diadakan kajian rutin ba’da Dzuhur yang diselenggarakan di Musholla Ulul Albab.

APRIL 2023

14 April 2023 – FILKOM UB mengadakan penyerahan bingkisan Idul Fitri 1444 H bagi cleaning service, security dan pekerja lapang di sekitar FILKOM UB, yang bertempat di Aula Auditorium Gedung G, lantai 2.

MEI 2023

3 Mei 2023 – Bertepatan dengan momentum Ied Fitri 1444 H, FILKOM UB menyelenggarakan kegiatan Halal Bihalal  di Aula Auditorium Gedung G, lantai 2. Kegiatan dihadiri oleh seluruh sivitas akademik, perwakilan mahasiswa dan para purna tugas. Pada kesempatan ini juga disampaikan kabar membahagiakan dari 4 dosen yang telah menyelesaikan studi doktoral, mereka adalah : pertama, Dr. Eng. Budi Darma Setiawan, S.Kom., M.Cs. lulusan di bidang Information Science and Engineering di Ritsumeikan University, Jepang, kedua, Mahendra Data, S.Kom., M.Kom., Ph.D. lulusan di bidang Computer Science and Communication Engineering di Kumamoto University, Jepang, ketiga, Widhi Yahya, S.Kom., M.Sc., M.T., Ph.D. lulusan di bidang Computer Science di National Yayng Ming Chiao Tung University, Taiwan, dan keempat, Dr. Eng. Gembong Edhi Setyawan, S.T., M.T. lulusan di bidang Pure and Applied Physics di Waseda University, Jepang.

8 Mei 2023 – Pada hari pertama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., melakukan peninjauan lokasi UTBK yang bertempat di FILKOM. Beliau didampingi oleh jajaran pimpinan universitas dan pimpinan dekanat FILKOM.

JUNI 2023

16 Juni 2023 – Kunjungan Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Program Studi Teknologi Informasi (Prodi TI) ke FILKOM UB diterima oleh dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D, dan ketua Prodi TI, Ir. Widhy Hayuhardhika N P, S.Kom., M.Kom. Tujuan kunjungan ini dalam rangka persiapan akreditasi dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan UMP Prodi TI.

26 Juni 2023 – Prof. Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, S.T., M.T., dikukuhkan sebagai guru besar bidang Computer Vision. Dengan demikian beliau menjadi profesor aktif kedua di FILKOM UB dan ke 171 di UB.

JULI 2023

17 Juli 2023 – FILKOM UB kembali menyelenggarakan International Conference On Multidisciplinary Applications of Information Technology (ICOMIT), pada 17 dan 18 Juli 2023. Penyelenggaraan yang kedua kalinya ini bertempat di Surakarta, Jawa Tengah setelah sebelumnya pada 2022 bertempat di Malang, Jawa Timur. ICOMIT tahun ini mengusung tema “Bridging the Gap: Harnessing the Power of Cross-Disciplinary Information Technology Applications for Global Progress

AGUSTUS 2023

19 Agustus 2023 – Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMABA) FILKOM UB berlangsung pada 19 dan 20 Agustus 2023. Pada kegiatan ini juga diperkenalkan SIMABA, merupakan portal daring khusus ditujukan bagi mahasiswa baru FILKOM UB untuk menunjang transparansi acara PKKMB dan Startup Academy dalam menyampaikan penugasan dan memberikan penilaian terhadap pelaksanaan kegiatan.

22 Agustus 2023 – FILKOM UB menyelenggarakan Orientasi Dinamika Kampus (ORDIK) secara luring bagi 41 mahasiswa baru Program Studi Magister Ilmu Komputer Tahun Akademik 2023/2024 bertempat di di Gedung Kreativitas Mahasiswa (GKM) lantai 4 FILKOM UB.

SEPTEMBER 2023

6 September 2023 – FILKOM UB meresmikan “Game Corner” yang berada di gedung F lantai 1, diperuntukkan bagi mahasiswa untuk mengisi waktu luang mereka antar kuliah. Game Corner diharapkan juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menciptakan dan mengembangkan inovasi game. Game Corner dilengkapi dengan 2 unit Play Station 5, 2 unit XBOX, dan 1 unit PC gaming Asus ROG dengan high spec yang siap memanjakan para mahasiswa.

21 September 2023 – Achmad Basuki, S.T., M.MG., Ph.D. atau biasa disapa Abazh meraih penghargaan bergengsi Suguru Yamaguchi Memorial Award dari Jepang. Penghargaan diberikan sebagai pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa dalam pembangunan infrastruktur internet cepat untuk platform pendidikan. Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Father of Internet Japan, Prof. Jun Murai dari Keio University.

OKTOBER 2023

24 Oktober 2023 – FILKOM UB sukses menyelenggarakan Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi (SENTRIN) dan Sustainable Information Engineering and Technology (SIET) di Bali pada 24 dan 25 Oktober 2023. Tema untuk tahun 2023 adalah “Empowering Digital Technology Innovation for a Resilient Future”.

27 Oktober 2023 – Bertempat di Aula Auditorium Gedung G, lantai 2, dilaksanakan tasyakuran Dies Natalis FILKOM UB yang ke 12. Dalam perayaan yang sederhana ini juga diperkenalkan 1 dosen dan 7 tendik alih status yang bertugas di FILKOM UB. Acara ditutup dengan potong tumpeng dan diserahkan kepada Ir. Sutrisno, M.T., mantan direktur Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK).

NOVEMBER 2023

11 November 2023 – Gerak Jalan Sehat rangkaian dari acara Dies Natalis FILKOM UB yang ke-12. Pada kesempatan ini dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. meresmikan sarana dan prasarana di lingkungan FILKOM UB, antara lain, Gedung Kreativitas Mahasiswa (GKM), fasilitas Gym bagi civitas akademik dan Merchandise Store.

DESEMBER 2023

20 Desember 2023 – FILKOM UB mengadakan do’a bersama seluruh sivitas akademik. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar tantangan, kesulitan dan juga ujian dari Tuhan Yang Maha Esa dapat dilalui bersama dan diberikan kemudahan. Demikian juga dengan kesenangan dan kebahagiaan dari Tuhan Yang Maha Esa dapat dilalui dengan rendah hati dan berbagi dengan sesama. Acara dipandu oleh Tibyani, S.T., M.T. dan pembacaan Ratibul Haddad dipimpin oleh Eriq Muhammad Adams Jonemaro, S.T., M.Kom. Pada kesempatan ini juga diberikan santunan bagi adik adik dari Panti Asuhan Yatim Sunan Ampel Sumbersari, kota Malang.

28 Desember 2023 – Kunjungan penutup dari rangkaian kunjungan sekolah ke FILKOM UB di tahun 2023. (rr)