Kolaborasi FILKOM UB dan Pusdatinrenbang Bappenas dalam Pengembangan DevOps

Kolaborasi FILKOM UB dan Pusdatinrenbang Bappenas dalam Pengembangan DevOps

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menjalin kerjasama dengan Pusat Data dan Informasi Perencanaan (Pusdatinrenbang), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam pengembangan sistem informasi untuk Bappenas. Kerjasama ini dimulai dengan penyusunan kajian white paper mengenai penerapan development dan operations (DevOps) di lingkungan Bappenas. Kajian awal ini berfungsi sebagai dasar untuk pengembangan dan implementasi DevOps yang lebih efektif di masa depan, guna meningkatkan efisiensi dan kualitas sistem informasi di Bappenas.

Pada Selasa, (14/11/2023), bertempat di Auditorium Algoritma Gedung G, lantai 2, FILKOM UB, diadakan praktisi mengajar yang merupakan bagian dari kerjasama ini. Hadir pemateri dari Bappenas, yaitu Bapak Bondan Sapta Prakoso, S.T., M.Kom., yang mengajarkan mata kuliah e-government di Program Studi Sistem Informasi.

Kegiatan praktisi mengajar ini juga dilaksanakan dalam empat pertemuan secara offline di Gedung Kreativitas Mahasiswa FILKOM UB (GKM), lt. 4, 4.1. Hadir pada Praktisi Mengajar ini, Taufik Muchlis, S. Komp. M.Agr.Sc., M.Si. Dan Nurazizah Ramlan, ST., MT. Faizatul Amalia, S.Pd., M.Pd., selaku ketua pelaksana menyampaikan kerjasama FILKOM dan Pusdatinrenbang Bappenas ini menunjukkan komitmen kedua pihak dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan sistem informasi di lingkungan pemerintahan.

“Kegiatan praktisi mengajar ini memperkuat hubungan antara akademisi dan praktisi, yang bermanfaat bagi pengembangan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa dalam bidang e-government dan teknologi informasi. (rr/fa)