Monitoring dan Evaluasi Dekan Cup LP2PKM FILKOM 2023

Monitoring dan Evaluasi Dekan Cup LP2PKM FILKOM 2023

Malang, 30 Oktober 2023 – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Dekan Cup Lomba Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (LP2PKM) 2023. Kegiatan ini dilaksanakan dua kali yaitu tanggal 14 dan 28 Oktober 2023. Dijelaskan oleh M. Ali Fauzi, S.Kom., M.Kom. Ketua Pelaksana Dekan Cup LP2PKM FILKOM 2023 bahwa kompetisi Dekan Cup ini adalah kompetisi tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru FILKOM, sebagai persiapan untuk mengikuti kompetisi tahunan serupa di tingkat universitas.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru tentang berbagai kategori yang dikompetisikan di Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), salah satu lomba bergengsi tingkat mahasiswa di tanah air dalam bidang karya tulis ilmiah,” jelas Ali.

l

Tahun ini Dekan Cup diikuti oleh 972 mahasiswa baru angkatan 2023 yang terbagi dalam 278 kelompok. Dimana 42 kelompok memilih PKM Kewirausahaan (PKM-K), 37 Kelompok PKM Karsa Cipta (PKM-KC), 30 kelompok PKM Karya Inovatif (PKM-KI), 32 kelompok PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), 36 kelompok PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), 35 kelompok PKM Riset Eksakta (PKM-RE), 33 kelompok PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) dan 34 kelompok PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK). Kegiatan ini juga melibatkan 17 dosen pembimbing dan puluhan panitia mahasiswa serta tenaga kependidikan.

Dalam kegiatan monev ini para peserta diminta untuk mempresentasikan karya tulis ilmiahnya kepada dosen pembimbing. Setelahnya dosen pembimbing akan mengajukan pertanyaan serta memberikan masukan atau saran perbaikan bagi peserta. Harapannya para peserta bisa mengoptimalkan karyanya sebelum diunggah untuk mengikuti kompetisi Dekan Cup LP2PKM FILKOM 2023. Untuk diketahui jadwal pengumpulan karya diagendakan tanggal 4 – 12 November 2023, kemudian seleksi karya yang akan melibatkan 30 dosen FILKOM akan diadakan 13 – 16 November 2023.

“Dalam seleksi karya awal itu akan dipilih 10 karya terbaik di setiap bidang PKM. Karena ada delapan bidang PKM maka total akan terpilih 80 karya terbaik untuk melakukan presentasi pada Putaran Final,” ujar Ali. [dna]