Mahasiswa FILKOM Raih Best Paper Award pada International Conference di Malaysia

Mahasiswa FILKOM Raih Best Paper Award pada International Conference di Malaysia

Malang, 23 Oktober 2023 – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali berprestasi. Lazuardy Syahrul Darfiansa mahasiswa Prodi Magister Ilmu Komputer, berhasil meraih Best Paper Award pada Conference International “IEEE International Conference on Computing (ICOCO 2023)” di Langkawi, Malaysia.

Dibimbing oleh Dr. Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, ST., M.Eng., International Conference yang berlangsung di Langkawi Island, Kedah, Malaysia tanggal 9-12 October 2023. Lazuardy berhasil mengungguli 90 paper lainnya.

Pada International Conference kali ini topik yang diusung Lazuardy berkaitan dengan edukasi tentang klasifikasi soal berdasarkan taxonomi bloom, pada conference ini termasuk pada katagori e-learning. Pembahasan mengenai perbandingan hasil Term Weighting (TF-IDF, BoW, Binary) pada klasifikasi soal berdasarkan taxonomi bloom yang menggunakan beberapa Teknik pengklasifikasian yaitu SVM, NB dan RF.

Lazuardy juga menambahkan, ia tertarik mengikuti conference ini karena ingin melakukan presentasi conference secara offline dan bertemu orang-orang baru dari berbagai negara serta ingin melakukan perjalanan ke luar negeri.

Kendala yang dihadapinya saat berkompetisi di luar tanah air, adalah ia perlu menyesuaikan atmosfir conference yang berbeda dengan conference yang diikuti secara virtual, dan juga perlu menyesuaikan Bahasa saat berbicara

Dalam wawancaranya Lazuardy juga menyampaikan saran dan masukannya kepada teman-teman mahasiswa FILKOM agar sering eksplor banyak hal karena bisa saja menjadi inspirasi, dalam kasusnya, inspirasi didapatkan ketika berkomunikasi dengan dosen pembimbing terkait thesis, mungkin dari thesis tersebut ada yang bisa dikembangkan Kembali atau diperdalam pembahasannya yang bisa dijadikan topik baru.

Selamat kepada ananda Lazuardy Syahrul Darfiansa atas prestasi yang membanggakan dan membawa harum nama FILKOM UB.[rr]