FILKOM UB Pelatihan Pemanfaatan MS Office Untuk Layanan Pendidikan Microsoft Office di PAUD Kasih Sayang

FILKOM UB Pelatihan Pemanfaatan MS Office Untuk Layanan Pendidikan Microsoft Office di PAUD Kasih Sayang

Malang, 19 Oktober 2023 – Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) dari Tim Dosen kembali menunjukkan dedikasinya melalui tim pengabdian masyarakat DIPA 2023. Tim ini terdiri atas empat dosen, yaitu (1) Bondan Sapta Prakoso, S.T., M.Kom.; (2) Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A.; (3) Riswan Septriayadi Sianturi, S.Si., M.M., M.Sc., Ph.D.; dan (4) Almira Syawli, S.Kom., M.Kom. serta dibantu oleh dua mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi, yaitu Fadhilah Alya Prastinanda dan Racana Ayu Kaeksi. Pengabdian masyarakat ini berupa kegiatan pelatihan kepada guru PAUD dengan tema pemanfaatan Microsoft Office untuk mendukung penguatan layanan pendidikan di institusi POS PAUD Kasih Sayang. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dari guru sekolah PAUD Kasih Sayang yang sebelumnya telah dilakukan observasi dan wawancara. Kerja sama yang dilakukan antara tim dosen FILKOM dengan POS PAUD Kasih Sayang ini menjadi contoh mengenai pelatihan Microsoft Office dapat berkontribusi pada guru sekolah. Dengan memberikan pengetahuan, tim dosen FILKOM juga dapat membantu meningkatkan kesadaran pentingnya melek teknologi di era saat ini.

Pelatihan dilakukan pada Senin, 11 September 2023 pada pukul 10.00-12.00 WIB, bertempat di sekolah POS PAUD Kasih Sayang, Jalan Teluk Pelabuhan Ratu No. 1, Kota Malang. Pelatihan ini dihadiri sebanyak 6 orang guru sekolah tersebut. Acara ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh DIPA FILKOM UB 2023. Materi pelatihan pada kegiatan ini terbagi menjadi tiga yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Bondan Sapta Prakoso, S.T., M.Kom. selaku perwakilan tim pengabdian dosen DIPA 2023 dan Ibu Siti Rodiyah selaku kepala sekolah dari POS PAUD Kasih Sayang. Kemudian acara selanjutnya adalah pembagian pre-test untuk guru dalam rangka mengetahui sejauh mana pengetahuan atau pengalaman yang didapat sebelum mengikuti pelatihan ini. Selanjutnya untuk sesi pertama adalah penjelasan materi pertama oleh Bondan Sapta Prakoso, S.T., M.Kom. yang menjelaskan mengenai aplikasi Microsoft Word yaitu pengenalan dasar dari tools yang ada seperti tab Home, tab Insert dan tab Layout hingga pengimplementasiannya yang langsung dipandu dari pemateri dibantu oleh mahasiswa.

Sesi kedua berisi tentang penjelasan materi oleh Riswan Septriayadi Sianturi, S.Si., M.M., M.Sc., Ph.D. yang menjelaskan mengenai pelatihan Microsoft Excel tentang pengenalan dasar tools yang ada di Microsoft Excel. Guru sekolah mengikuti arahan dari pemateri dengan serius, karena pada sesi kedua ini guru sekolah juga mengimplementasikan pengolahan data yang dapat dijadikan sebagai arahan untuk pembuatan rapor hasil belajar siswa. Selain itu, di sesi kedua ini, pemateri juga berbagi tata cara penggunaan shortcut yang benar agar lebih mudah dan efisien dalam penggunaan Microsoft Excel.

Sesi ketiga berisi tentang penjelasan materi oleh Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E. yang menjelaskan mengenai pelatihan Microsoft Powerpoint. Sama seperti sesi-sesi sebelumnya, sesi ketiga ini juga menjelaskan tentang pengenalan dasar dari tools yang ada pada Microsoft Powerpoint untuk membantu para guru merancang media pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa. Sesi terakhir ditutup dengan pengisian post-test oleh para guru untuk mengukur pemahaman yang mereka terima setelah adanya pelatihan ini.  Berdasarkan hasil pre-test dan post-test kegiatan, dapat disimpulkan bahwa guru sekolah dapat menerima dan menyerap hasil kegiatan pelatihan ini dengan baik. Selain sesi materi yang disampaikan, tim pengabdian juga memberikan modul pelatihan yang dapat digunakan pada aktivitas sehari-hari apabila terdapat kesulitan dalam penggunaan Microsoft Office. (drn/rr)

Video kegiatan juga dapat dilihat melalui tautan berikut : https://youtu.be/XN8qIJTHO7Y