Mahasiswa FILKOM Raih Juara di Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa Nasional (PRISMA) Universitas Mataram

Mahasiswa FILKOM Raih Juara di Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa Nasional (PRISMA) Universitas Mataram

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali berprestasi. Kali ini datang dari mahasiswa yang bergabung dalam satu tim, berasal dari Program Studi Ilmu Komputer (Prodi Ilkom) yaitu Andi Alifsyah Dyasham, Reza Syaifullah Narendra Putra serta dari Program Studi Teknik Komputer (Prodi Tekkom) yaitu M. Fikri Haikal yang mendapatkan juara kedua di ajang lomba Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa Nasional (PRISMA), Universitas Mataram (UNRAM). Event dengan tema Optimalisasi Inovasi Generasi Muda Dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045 ini bertujuan menjadi wadah bagi Mahasiswa Indonesia untuk dapat menyampaikan gagasan atau ide inovatif dan kreatif yang dituangkan dalam sebuah karya dan bermanfaat dalam rangka mengoptimalkan sumber daya dan IPTEK guna mewujudkan konsep Indonesia Emas 2045.

Ketiganya dibimbing oleh Dr. Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, ST., M.Eng. berhasil mendapatkan juara kedua di event tersebut.

“Kami merasa produk penelitian yang kami kembangkan adalah sebuah produk yang sangat menjawab permasalahan dari tema dan topik yang akan dilombakan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan rekognisi dan validasi atas proyek penelitian kami, salah satu metode yang kami gunakan adalah dengan melakukan publikasi produk kami melalui perlombaan,” terang Andi.

Andi juga menambahkan, melalui perlombaan ini juga mendapatkan beberapa pengalaman dan relasi baru khususnya yang terkait dengan minat kami di bidang riset dan kepenulisan. Ia juga mendapat banyak insight baru dari para stakeholder dan akademisi di Universitas Mataram berkaitan dengan produk penelitian yang telah kami kembangkan.

Topik yang dikembangkan pada kompetisi ini berkaitan dengan chatbot untuk menjawab masalah efisiensi SDM di FILKOM UB yang perlu ditingkatkan tanpa perlu mengorbankan efektivitas dari layanan tersebut. Chatbot dalam lomba ini sebagai benchmark untuk pengembangan produk lainnya pada domain yang berbeda, misalnya produk chatbot dikembangkan untuk diterapkan layanan tanya jawab di pemerintahan. Selain itu, telah dilakukan evaluasi menggunakan beberapa metode ilmiah yang relevan dengan penelitian, seperti Chatbot User Questionnaire, User Experience Questionnaire, dan Usability Testing dimana seluruh metode yang digunakan memperlihatkan hasil efektif dan efisien dalam berperan sebagai agen yang melayani tanya jawab.

Perlu diketahui sebelumnya untuk juara pertama dalam kompetisi ini diraih oleh Universitas Airlangga (UNAIR) dan juara ketiga diraih oleh Universitas Mataram (UNRAM). Dalam kompetisi ini tercatat ada 15 kompetitor dari universitas di seluruh Indonesia.

Dalam wawancaranya Andi juga menyampaikan saran dan masukannya kepada teman-teman mahasiswa FILKOM untuk aktif mencari lingkungan atau support system yang memiliki visi dan misi yang sama, khususnya dalam menjalani perkuliahan karena itulah yang akan menjadi penuntun baginya. Prestasi yang dicapai itu sebenarnya bukan cuma untuk diri sendiri, tetapi juga dapat bermanfaat bagi orang sekitar dan terutama keluarga. Prestasi juga dapat menjadi sebagai dokumentasi abadi kalau pernah berkarya.[rr]