FILKOM Sambut 95 Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2023

FILKOM Sambut 95 Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2023

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar kegiatan penyambutan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2023 di Gedung Kreativitas Mahasiswa Lantai 4 pada Selasa (12/9/2023). Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan salah satu program unggulan dari Ditjen Diktiristek yang memperkuat pelaksanaan pendidikan jarak jauh yang menuntut kemandirian dan kedisiplinan mahasiswa serta komitmen yang kuat dari para dosen.

Penyambutan mahasiswa Inbond ini dihadiri Dekan FILKOM, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. beserta jajaran pimpinan Dekanat. Dalam sambutannya, Prof. Wayan mengucapkan selamat datang bagi mahasiswa dari universitas di seluruh Indonesia yang terpilih mengikuti program Inbond MBKM selama 1 semester di FILKOM.

“Selamat datang di FILKOM UB, dan selamat karena terpilih mengikuti studi di FILKOM karena banyak mahasiswa luar yang tertarik untuk mengikuti pertukaran mahasiswa di FILKOM UB. Semoga dapat menyesuaikan diri dan beradaptasi baik di lingkungan dan proses pembelajaran disini,” sambut Prof. Wayan.

Selain itu juga ada laporan dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT. yang menjelaskan secara terinci program inbond dan proses akademik di FILKOM UB agar para mahasiswa dapat lebih dekat mengenal FILKOM. Tercatat sejumlah 95 mahasiswa dari 44 program studi dari Universitas di Indonesia akan mengikuti perkuliahan di FILKOM selama satu semester. Beberapa mahasiswa dari universitas di luar UB diantaranya dari Universitas Negeri Makassar, Universitas Sulawesi Barat, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Sulawesi Barat, dan masih banyak lagi.

“FILKOM akan mendukung penuh kegiatan dan proses akademik teman-teman dari luar FILKOM agar lebih nyaman dan tidak akan bingung ketika berkuliah disini. Dengan adanya program ini harapannya akan banyak mahasiswa yang dapat saling tukar pengalaman serta mengetahui budaya yang ada di masing-masing daerah,” terang Herman.

Salah satu peserta pertukaran, Sabila Aini, mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar, mengatakan,  antusiasnya untuk mengikuti program pertukaran ini di FILKOM UB. Ia berharap dapat belajar banyak tentang ilmu komputer serta menjalinperkenalan dengan teman-teman baru dari berbagai universitas.

“Saya sangat antusias untuk mengikuti program pertukaran ini di FILKOM UB. Saya berharap bisa belajar banyak tentang ilmu komputer serta Malang juga merupakan kota yang indah, jadi saya berencana untuk menjelajahi tempat-tempat menarik di sekitar sini selama saya tinggal disini.”

Selama satu semester ke depan, FILKOM UB akan menjadi rumah bagi 95 mahasiswa pertukaran yang berasal dari berbagai latar belakang. Diharapkan bahwa pengalaman ini akan memperkuat hubungan antar universitas dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu komputer dan teknologi informasi di Indonesia. Selamat datang dan selamat belajar kepada semua peserta pertukaran mahasiswa di FILKOM UB![drn]