PKKMB & Startup Academy 2023, Keluarga Besar FILKOM UB Sambut Hangat Kedatangan Mahasiswa Baru Angkatan 2023

PKKMB & Startup Academy 2023, Keluarga Besar FILKOM UB Sambut Hangat Kedatangan Mahasiswa Baru Angkatan 2023

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyambut sekitar 903 mahasiswa baru dari penjuru tanah air pada Tahun Ajaran 2023/2024. Penyambutan ini dilakukan pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) FILKOM UB 2023 yang diselenggarakan secara langsung di gedung Auditorium Algoritma selama 2 hari (19 dan 20 Agustus 2023). Kegiatan PKKMB ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan informasi serta membantu mahasiswa baru agar lebih mengetahui dan dapat merasakan secara langsung lingkungan kampus dimana di dalamnya merupakan bagian pengarahan dan penyampaian materi terkait informasi terkait dengan dunia perkuliahan.

PKKMB merupakan salah satu acara yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa baru setiap tahunnya. Acara ini tidak hanya memberikan informasi penting mengenai kehidupan kampus, tetapi juga menjadi ajang untuk menjalin hubungan sosial dan merasakan atmosfer kampus yang hangat dan ramah.

Acara PKKMB FILKOM 2023 hari pertama dibagi dalam dua sesi besar yaitu pembukaan dan peresmian oleh Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. serta pemberian materi oleh pimpinan Dekanat. Sambutan pertama disampaikan oleh Muhammad Zidan Fikri selaku Presiden BEM FILKOM, kemudian dilanjut Dehleezto Lawanangkara selaku Koordinator DPM FILKOM.

Prof. Wayan saat membuka PKKMB 2023
Prof. Wayan saat membuka PKKMB 2023

Sambutan terakhir diberikan oleh Dekan FILKOM sekaligus membuka kegiatan PKKMB FILKOM 2022. Beliau menyambut hangat kedatangan mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya. Selain itu beliau mengajak para mahasiswa baru untuk bersama-sama membangun FILKOM UB agar lebih baik kedepannya.

“Kita adalah fakultas masa depan, dimana banya bidang ilmu terikat dengan keilmuan komputer, dan FILKOM UB telah dikenal sebagai tempat di mana kreativitas dan inovasi berkembang. Kami berharap mahasiswa baru dapat mengembangkan potensi di sini dan turut berkontribusi dalam mengangkat nama baik FILKOM UB,” samput Prof. Wayan.

Selain itu Prof. Wayan juga berpesan agar para maba bisa menikmati setiap proses pembelajaran di FILKOM UB nantinya. Harapannya selain aktif di perkuliahan, para maba juga dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk aktif di organisasi kemahasiswaan maupun organisasi yang lain di lingkungan universitas atau fakultas.

Para Mahasiswa Senior dan panitia saat mengkoordinasi kedatangan Maba 2023
Para Mahasiswa Senior dan panitia saat mengkoordinasi kedatangan Maba 2023

Salah satu kegiatan yang menjadi sorotan dalam PKKMB adalah mentoring oleh mahasiswa senior. Setiap mahasiswa baru akan dibimbing oleh mahasiswa tingkat atas untuk membantu mereka mengatasi tantangan awal dalam beradaptasi dengan kehidupan kampus. Ini merupakan langkah nyata FILKOM UB dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan mendukung perkembangan holistik mahasiswa.

PKKMB FILKOM UB dirancang dengan beragam kegiatan yang akan membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Selama acara, mereka akan diberikan materi mengenai struktur fakultas, fasilitas kampus, serta kegiatan keorganisasian dan kemahasiswaan yang dapat diikuti. Tak hanya itu, kegiatan seni tari juga turut disuguhkan dari BIOS untuk memperkenalkan kekayaan budaya lokal kepada mahasiswa baru.

Penutupan PKKMB FILKOM pada Minggu (20/8/2023) serta pembukaan Startup Academy 2023 bagi Maba yang akan diikuti selama satu semester
Penutupan PKKMB FILKOM pada Minggu (20/8/2023) serta pembukaan Startup Academy 2023 bagi Maba yang akan diikuti selama satu semester

Kegiatan dilanjut dengan penekanan tombol selamat datang oleh Dekan FILKOM, sebagai tanda diresmikanya kegiatan PKKMB 2023 selama dua hari. Pada hari kedua mahasiswa akan dibagi sesuai dengan prodi-prodinya, nantinya mahasiswa baru akan mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai sistem akademik, perkuliahan maupun organisasi sesuai dengan prodinya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang rangkaian acara PKKMB dan Startup Academy 2023 silahkan akses simaba-filkom.ub.ac.id

Dengan semangat baru dan komitmen untuk berprestasi, 903 mahasiswa baru FILKOM UB siap menjalani perjalanan akademik dan pengembangan diri di kampus yang menjadi rumah baru mereka. Semoga PKKMB tahun ini dapat menjadi titik awal yang baik bagi mereka dalam meraih mimpi dan ambisi di dunia akademik serta menjadi generasi emas kedepannya.[drn]