FILKOM UB Selenggarakan Pendampingan Intensif Mahasiswa untuk Ikuti Kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) 2023

FILKOM UB Selenggarakan Pendampingan Intensif Mahasiswa untuk Ikuti Kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) 2023

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan potensi mahasiswa dalam bidang statistika dan data science. Dengan semangat keunggulan dan prestasi, FILKOM UB menyelenggarakan pendampingan intensif bagi para mahasiswa yang akan berkompetisi dalam ajang Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) 2023. Acara puncak pendampingan ini ditandai dengan pemantapan doa dan pelepasan secara simbolis oleh Dekan FILKOM.

Kegiatan pendampingan dan pelepasan dilaksanakan pada Sabtu (24/6/2023) sampaidengan Minggu (25/6/2023) di Hotel Batusuki, Batu. Perlu diketahui, delegasi dari mahasiswa FILKOM yang mengikuti Kompetisi Satria Data 2023 berjumlah 24 kelompok yang terdiri 10 kelompok untuk lomba Big Data Challenge (BDC), 9 kelompok untuk lomba Statistics Infographic Competition (SIC) dan 5 kelompok untuk lomba Statistics Essay Competition (SEC). Banyaknya kelompok yang mengikuti kompetisi tersebut membutuhkan kegiatan pendampingan yang intensif dari dosen pembimbing dan dosen narasumber untuk membantu mempersiapkan mahasiswa dalam mengikuti lomba dengan sebaik-baiknya.

Suasana pendampingan bagi delegasi FILKOM untuk ajang SATRIA DATA 2023
Suasana pendampingan bagi delegasi FILKOM untuk ajang SATRIA DATA 2023

Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) 2023 diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui unit pelaksana teknis Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), dimana pada tahun ini UB menjadi tuang rumah. SATRIA DATA 2023 dimulai sejak Mei 2023 untuk pendaftaran dan kegiatan final pada 20-24 Agustus 2023.

Penyelenggaraan kegiatan Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) merupakan wujud dari dukungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terhadap perkembangan keilmuan statistika dan sains data secara umum. Tidak hanya itu, kegiatan ini diharapkan juga mampu menjadi trigger bagi terjalinnya jejaring kerjasama antara perguruan tinggi dan industri terapannya.

“Dalam rangka mempersiapkan para delegasi untuk tampil prima dalam ajang bergengsi tersebut, fakultas memberikan pendampingan intensif yang berlangsung selama dua hari. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kepercayaan diri para mahasiswa sehingga mereka siap menghadapi tantangan dalam ajang SATRIA DATA 2023,” terang Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa dalam membuka kegiatan pendampingan.

Dekan bersama dosen pembimbing dan delegasi mahasiswa FILKOM UB
Dekan bersama dosen pembimbing dan delegasi mahasiswa FILKOM UB

Kegiatan pendampingan ini juga turut dihadiri oleh Dekan FILKOM, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. di hari ke-dua. Beliau juga mengungkapkan bahwa untuk mengikuti sebuah kompetisi diperlukan semangat juang lebih agar memperoleh hasil yang terbaik. Selain itu beliau juga mengapresiasi panitia dan tim dosen yang telah memfasilitasi para mahasiswa untuk mendapatkan bimbingan agar dapat mematangkan dan mempersiapkan diri sebelum kompetisi dimulai.

“Kami yakin bahwa tim mahasiswa FILKOM UB yang terpilih akan mampu memberikan yang terbaik dalam kompetisi SATRIA DATA 2023. Mereka telah mengasah kemampuan analitis dan kreativitas dalam mengolah data, serta memiliki semangat tinggi untuk terus belajar dan berinovasi,” ungkap Prof. Wayan.

Semoga para kontestan dari FILKOM UB meraih kesuksesan dalam ajang kompetisi SATRIA DATA 2023 dan menjadi agen perubahan yang berkontribusi dalam pengembangan bidang statistika dan sains data di Indonesia. Selamat berjuang, semangat, dan berprestasi![drn]