Registrasi Mahasiswa Lama Universitas Brawijaya Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana

Registrasi Mahasiswa Lama Universitas Brawijaya Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana

PENGUMUMAN

Nomor: 9673/UN10.A01/TU.00/2023

REGISTRASI MAHASISWA LAMA UNIVERSITAS BRAWIJAYA

SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2023/2024

PROGRAM DIPLOMA (VOKASI), SARJANA, DAN PASCASARJANA

 

Diumumkan kepada seluruh Mahasiswa Lama Universitas Brawijaya untuk melakukan registrasi semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 dengan ketentuan sebagai berikut:

I. Registrasi Administrasi

  1. Tata cara pembayaran
    1. Mahasiswa menggunakan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) sebagai kode pembayaran UKT/SPP di semua kanal pembayaran pada bank yang ditunjuk. Proses pembayaran dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu transfer atau menggunakan nomor rekening tertentu.
    2. Pembayaran UKT/SPP dapat dilakukan melalui bank berikut: BANK MANDIRI, BNI 46, BRI, BTN, BSI. Khusus untuk Fakultas Vokasi, selain bank tersebut di atas juga dapat dibayarkan melalui BCA. Tata cara pembayaran: https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/
    3. Tidak melayani pembayaran di luar bank yang telah ditentukan.
    4. Daftar ulang diluar jadwal tidak dilayani.
  2. Jadwal registrasi administrasi/pembayaran
    Tanggal pembayaran: 31 Juli s/d 11 Agustus 2023
  3. Syarat-syarat:
    1. Bagi mahasiswa yang semester sebelumnya cuti kuliah dapat langsung melakukan pembayaran UKT/SPP di bank yang ditunjuk.
    2. Bagi mahasiswa dengan status tidak terdaftarDrop Out/Blokir atau evaluasi studi pada semester sebelumnya, harus mengajukan surat aktif kuliah kembali kepada Rektor yang disetujui oleh Fakultas (Wakil Dekan I) disertai dengan form pernyataan mampu melanjutkan studi sesuai ketentuan yang berlaku.
  4. Bagi mahasiswa penerima Bidik Misi/KIP-K tidak melakukan pembayaran di Bank tetapi status sudah terdaftar dan langsung melakukan proses KRS di siam.ub.ac.id. Apabilan status belum berubah mohon konfirmasi ke Sub. Bagian Akademik fakultas masing-masing.

II. Registrasi Akademik

  1. Tata cara registrasi akademik
    1. Mahasiswa login pada aplikasi SIAM (https://siam.ub.ac.id)
    2. Mahasiswa melakukan pemutakhiran biodata. Mahasiswa WAJIB mengisi data alamat asal dan alamat di Malang (jika ada) sesuai dengan alamat yang sebenarnya. Pastikan nomor handphone yang dapat dihubungi adalah nomor yang benar dan aktif. Mohon di pastikan juga kebenaran Nomor Induk Kependudukan (NIK).
    3. Mahasiswa melakukan pengisian KRS sesuai ketentuan yang berlaku.
    4. Informasi pelaksanaan pemrograman KRS untuk program Pascasarjana mengikuti pengumuman jadwal yang dikeluarkan oleh Fakultas/Program penyelenggara Pascasarjana
  2. Jadwal registrasi akademik
    Tanggal Registrasi: 1 Agustus s/d 11 Agustus 2023

III. Sanksi Bila Tidak Melakukan Registrasi

  1. Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi administrasi pada semester Ganjil T.A. 2023/2024 dinyatakan tidak terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya  dan tidak diperkenankan melakukan kegiatan akademik dan kemahasiswaan pada semester tersebut.
  2. Bagi Mahasiswa yang telah melakukan registrasi administrasi (pembayaran SPP/UKT) tetapi ternyata secara akademik tidak memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studinya, maka biaya SPP yang dibayarkan pada semester Ganjil T.A. 2023/2024 akan dikembalikan.
  3. Mahasiswa yang terlambat atau tidak melaksanakan registrasi administrasi disarankan segera mengajukan permohonan cuti akademik secara online melalui aplikasi SIAM (http://siam.ub.ac.id) kepada Rektor, selambat-lambatnya pada tanggal 13 Oktober 2023.
  4. Mahasiswa yang tidak terdaftar lebih dari 2 (dua) semester kumulatif dan berturut-turut, dinyatakan Gagal Studi (Drop Out).

IV. Lain-lain

  1. Pengajuan Cuti secara onlinedapat dilakukan mulai pada tanggal 1 Agustus s/d 13 Oktober 2023, jika disetujui akan dibebaskan dari pembayaran SPP/UKT.
  2. Permohonan cuti akademik yang diajukan setelah batas akhir pengajuan cuti akademik atau setelah tanggal  13 Oktober 2023 akan ditolak, tetap diwajibkan membayar SPP/UKT, dan disarankan untuk segera mengajukan permohonan Terminal Kuliah melalui Sub. Bagian Akademik Fakultas.
  3. Pembayaran SPP/UKT hanya merupakan bukti telah terdaftar sebagai mahasiswa dan dinyatakan Aktif jika telah melakukan registrasi akademik (Pengisian KRS).
  4. Mahasiswa yang telah menempuh Tugas Akhir (Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi) tetapi belum selesai, tetap diwajibkan melakukan registrasi akademik (Pengisian KRS).
  5. Pelaksanaan registrasi akademik (pengisian KRS) diatur oleh Fakultas/Program masing-masing.
  6. Tidak ada perpanjangan masa registrasi.
  7. Kuliah, Semester Ganjil T.A. 2023/2024di mulai tanggal 21 Agustus – 22 Desember 2023. Jadwal dan Teknis Perkuliahan akan di tetapkan oleh Fakultas masing-masing.
  8. Mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembayaran Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat mengajukan bantuan keuangan sesuai jadwal berikut:
    Kegiatan Jadwal
    Pengajuan Bantuan Keuangan 13 – 23 Juli 2023 pukul 15.00 WIB
    Verifikasi BEM 23 – 27 Juli 2023
    Verifikasi Fakultas 26 Juli – 1 Agustus 2023
    Pengumuman 2 Agustus 2023
    Pembayaran 3 – 11 Agustus 2023

    Tata Cara Pengajuan Bantuan Keuangan adalah sebagai berikut:

    1. Mengakses laman https://bantuankeuangan.ub.ac.id untuk informasi jadwal dan panduan aplikasi pengajuan.
    2. Mengisi form pengajuan bantuan keuangan dengan lengkap dan jujur.
  9. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan secara online dibidang Akademik dan keuangan melalui HALO SELMA (https://haloselma.ub.ac.id). Untuk layanan Sistem Registrasi Online ke Helpdesk TIK UB melalui aplikasi Helpdesk TIK (https://helpdesk-tik.ub.ac.id)

a.n. Rektor

Wakil Rektor Bidang Akademik,

Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, M.P