Menjadi Seorang Full Stack Developer Handal (Webinar Series #2)

Menjadi Seorang Full Stack Developer Handal (Webinar Series #2)

Jum’at (23/5/2023) Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali mengadakan webinar series bertajuk “Become a Fullstack Developer” secara daring. Acara ini berhasil memperoleh respon positif dari para audience yang ingin tahu dan berminat untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang pengembangan perangkat lunak.

Webinar tersebut diadakan sebagai bagian dari upaya Prodi TIF untuk memberikan wawasan mendalam mengenai tren terkini di dunia teknologi, khususnya dalam bidang pengembangan web. Dengan tema “Become a Fullstack Developer”, acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan praktis kepada peserta mengenai kemampuan dan keahlian yang diperlukan untuk menjadi seorang fullstack developer yang sukses.

Peserta webinar berasal dari berbagai latar belakang, termasuk mahasiswa FILKOM UB dan juga peserta dari SMA/SMK di kota Malang yang berminat di bidang IT. Dalam webinar tersebut, FILKOM UB menghadirkan sejumlah narasumber yang berpengalaman dalam pengembangan perangkat lunak, termasuk para dosen dan praktisi industri yang telah berhasil dalam karir mereka sebagai fullstack developer.

Profil dari Marjhy Maratapatriata, ST
Profil dari Marjhy Maratapatriata, ST

Dengan pemateri Marjhy Maratapatriata, ST. seorang Industrial Integrated System di PT Greenfields Indonesia dan Co-Founder Pilar Sejahtera membawakan presentasi yang menarik, dengan sesi tanya jawab interaktif antara peserta dan narasumber. Para peserta diberikan pemahaman mendalam tentang peran seorang Full Stack Developer di dunia industri.

“Siapa saja dapat menjadi seorang Full Stack Developer (FSD), asalkan memiliki keingintahuan yang besar serta aktif dalam mencari informasi dimana saja. Karena menjadi seorang FSD kalian dituntut untuk mengerjakan semua project baik itu dari front-end maupun back-end,” terang Marjhy.

Selain itu, Marjhy juga menjelaskan menjadi seseorang yang memiliki kemampuan di bidang FSD akan memberikan nilai tambah di dunia kerja. Selain karena seorang FSD dipercaya dapat menganalisa berbagai sisi bahasa pemrogaman jika terjadi suatu masalah pada website maupun aplikasi, profesi ini juga terbilang tidak pasaran dan hanya segelintir orang yang mendalaminya.

Full Stack Developer sedang menjadi salah satu pekerjaan impian yang diincar oleh banyak orang lho! Dan gaji yang ditawarkan untuk profesi Full Stack Developer terbilang besar sehingga cukup diminati. Namun tentu saja untuk bisa bekerja di bidang ini dibutuhkan skill khusus yang hanya bisa kamu miliki jika kamu mempelajarinya secara mendalam,” lanjutnya

Audience yang mengikuti Webinar Become a Fullstack Developer
Audience yang mengikuti Webinar Become a Fullstack Developer

Untuk materi kedua disampaikan oleh salah satu dosen FILKOM yaitu Agi Putra Kharisma, ST, MT. yang juga memberikan pemahaman secara umum mengenai Full Stack Developer. Selain bertugas mengerjakan tugasnya front-end dan back-end developer sekaligus, seorang Full Stack Developer juga dituntut berperan mengembangkan aplikasi, debugging, troubleshooting, bahkan membuat fitur baru. Dengan begitu, kemampuan analisis full stack developer bisa sangat luas ketika mengerjakan sebuah proyek. Baik dari sisi desain maupun teknisnya. Ini pula yang akhirnya membuat pengerjaan proyek berjalan efektif dengan bantuan tipe developer ini. Itulah kenapa full stack developer adalah orang yang dituntut untuk terus mengasah skill mereka untuk mendapatkan hasil terbaik.

Para peserta yang mengikuti webinar “Become a Fullstack Developer” menyambut positif acara tersebut. Mereka mengapresiasi FILKOM UB atas inisiatifnya untuk memberikan pengetahuan yang bermanfaat dan mendalam mengenai dunia teknologi dan pemrograman. Webinar Series ini akan berlanjut di pertemuan berikutnya yang akan membahas mengenai Artificial Intelligence.[drn]