IT Role In Transportation Management

IT Role In Transportation Management

  

Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) FILKOM UB menyelenggarakan kuliah tamu Supply Chain Management dengan pertemuan pertama pada Senin (5/6/2023) secara daring melalui Zoom. Dengan mengusung tema “IT Role in Transportation Management”, Prodi SI mengundang praktisi industri yaitu Iksan Ade Kurniawan, seorang Director of Business Development di PT. Samudera Indonesia Logistik Kargo (SILKARGO). Kegiatan kuliah tamu ini termasuk dalam program visiting professor & practitioner lecture 3in1.

Dipandu oleh Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A. selaku moderator, selama satu jam setengah Iksan Ade Kurniawan menjelaskan mengenai peran IT di dunia transportasi khususnya di SILKARGO. SILKARGO adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran kargo dan logistik. Perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran ini memiliki lebih dari 50 tahun pengalaman dalam layanan transportasi dan logistik terintegrasi serta didukung oleh jaringan global dan para ahli di dunia logistik.

Iksan menjelaskan bahwa lini bisnis di SILKARGO meliputi shipping, ports (menangani kontainer, bulk cargo, dan heavy duty cargo), logistik, shipyard (proyek docking dan pembuatan kapal), serta property.

“Visi dari perusahaan kami yaitu melakukan proses pengangkutan barang secara efektif dan efisien, tetapi disertai dengan ketepatan waktu pengiriman yang akan menjadi solusi terintegrasi dalam dunia maritim,” jelasnya.

Iksan juga menjelaskan penerapan IT di dalam suatu perusahaan sangat membantu jalannya proses logistik. Seperti pengepakan barang, penyimpanan bahkan pada saat pendistribusian barang. Dengan adanya IT, proses logistik dapat berjalan dengan cepat, akurat dan lebih mudah sehingga proses logistik dapat berjalan dengan lebih efisien dan efektif.

Selanjutnya Iksan juga menjelaskan mengenai Supply Chain Management, yang dijabarkan merupakn kegiatan koordinasi, penjadwalan, dan pengendalian terhadap pengadaan, produksi, persediaan dan pengiriman produk ataupun layanan jasa kepada pelanggan.

“Singkatnya merupakan mekanisme yang menghubungkan semua pihak yang bersangkutan dan proses berubahnya bahan baku menjadi sebuah produk. Pihak yang ikut serta adalah yang bertanggung jawab untuk memberikan barang – barang jadi hasil produksi ke customer pada waktu dan tempat yang tepat dengan cara yang efisien,” imbuh Iksan

Selain mengenai supply chain management, Iksan juga menjelaskan mengenai transport management system. Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab dari para audience yang terdiri dari mahasiswa SI dan akan ada pertemuan selanjutnya pada Jum’at (9/6/2023).[drn]