Penjajakan Topik Dan Usaha Percepatan Penyelesaian Skripsi Untuk Mahasiswa Bersama Dosen Prodi Sistem Informasi

Penjajakan Topik Dan Usaha Percepatan Penyelesaian Skripsi Untuk Mahasiswa Bersama Dosen Prodi Sistem Informasi

Demi mendapatkan lulusan dengan tugas akhir yang berbobot dan tepat, Program Studi Pendidikan Sistem Informasi (Prodi SI), Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) selenggarakan Sharing Topik dan Usaha percepatan Penyelesaian Skripsi kepada mahasiswa Prodi SI. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring, Jum’at (24/02/2023) dengan dihadiri Ketua Program Studi Sistem Informasi, Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.S., M.AB (Yusi) yang sekaligus menjadi pemateri, serta dosen dan mahasiswa dari Prodi SI.

Pengawali kegiatan Yusi menyampaikan bahwa tercatat di SIMPEL UB pada semester Genap 2022/2023 ini, sejumlah 186 mahasiswa dari Prodi SI telah mengambil skripsi di KRS dan sebagian besar belum bisa menyelesaikan skripsi di semester yang sama, hal inilah yang mendasari prodi SI menyelenggarakan dan memfasisiltasi mahasiswa dalam pengarahan pengerjaan skripsi.

“Harapannya dari kegiatan ini agar kegiatan penyelesaian skripsi mahasiswa bisa dipercepat dan memperjelas gambaran seperti apa seharusnya menyelesaikan mata kuliah Skripsi, maka kami merencanakan kegiatan sosialisasi dan diskusi terkait mekanisme penyelesaian skripsi dan topik apa saja yang bisa dikerjakan di Prodi SI,”

Kemudian Yusi juga melanjutkan bahwa dosen-dosen yang memiliki ide serta topik skripsi juga dapat menyampaikan ke pada para mahasiswa agar dapat menjadi salah satu alternatif percepatan pengerjaan skripsi. Prodi SI juga telah mendata beberapa dosen yang telah memiliki gagasan atau ide yang dapat diangkat menjadi topik skripsi.

Selain dari dosen, rencana prodi SI juga akan turut mengundang para alumni untuk menyampaikan pengalaman-pengalaman mereka meneliti kepada mahasiswa Prodi SI. Harapannya, melalui rangkaian kegiatan ini, mahasiswa Prodi SI bisa lebih termotivasi dan memiliki topik-topik alternatif yang bisa dikerjakan dalam tugas akhir atau kripsi pada semester genap TA 2022/2023.

Dalam kegiatan sharing oleh Yusi ini juga diadakan beberapa tanya jawab dari mahasiswa yang masih bingung dalam mengambil topik serta kendala yang dihadapi dalam mengerjakan skripsi. Selam dua jam Yusi secara interaktif menjelaskan dan memberikan pemahaman dengan baik sehingga para mahasiswa dapat lebih memahami mengenai alur pengerjaan skripsi dan lebih termotivasi dalam pengerjaannya.[drn]