Pembekalan Aktivitas Dan Pelaporan Kegiatan Kemahasiswaan Pada Pengurus BEM, DPM dan LSO 2022/2023

Pembekalan Aktivitas Dan Pelaporan Kegiatan Kemahasiswaan Pada Pengurus BEM, DPM dan LSO 2022/2023

Demi memberikan pemahaham mengenai kegiatan keorganisasian, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Aktivitas dan Peelaporan Kegiatan Kemahasiswaan Kepada Pengurus BEM, DPM, Himpunan dan LSO periode 2023/2024 secara luring di Auditorium Algoritma, Sabtu (25/02/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom; Staf Ahli Bidang Kemahasiswaan, Dr. Diva Kurnianingtyas, S.Kom; Kepala Subbagian Keuangan dan Kepegawaian, Hariyatul Fitria, S.AB; Kepala Subbagian Akademik, Kemahasiswaan, Alumni, Kerjasama dan Kewirausahaan Mahasiswa, Hermawan Dwi Putra, S.H., M.H; serta tim kemahasiswaan FILKOM yang sekaligus menjadi pemateri pada kegiatan ini.

Sambutan sekaligus materi pertama disampaikan oleh Arif Rahman. Beliau menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk menyampaikan ke pengurus BEM/DPM yang baru mengenai standar prosedur pengajuan proposal kegiatan kemahasiswaan. Selain itu  kegiatan kemahasiswaan yang berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiwaan (Simkatmawa). Untuk memajukan peringkat SIMKATMAWA milik UB, FILKOM selama ini berkontribusi dengan memberi prasarana kepada mahasiswa agar bisa berkiprah melalui fasilitas yang diberikan seperti pengadaan unit konseling juga pembangunan gedung yang layak.

“Kegiatan ini bertujuan membantu dan memfasilitasi para pengurus baru dari BEM, DPM serta Lembaga Organisasi Mahasiswa dalam memahami kegiatan berorganisasi. Selain itu harapannya mahasiswa juga dapat membuat laporan kegiatan yang benar, kreatif dan berdasarkan pada IKU. Jangan asal membuat laporan kegiatan copy paste dari pengurus sebelumnya,” jelas Arif Rahman.

Untuk IKU dan Simkatmawa diterangkan lebih lengkap oleh Diva Kurnianingtyas. Simkatmawa sendiri merupakan sistem pemeringkatan berdasarkan kualitas layanan pada bidang kemahasiswaan di setiap perguruan tinggi. SIMKATMAWA mendorong kepedulian kampus melalui berbagai aspek seperti fasilitas bagi kegiatan kemahasiswaaan, kontribusi mahasiswa dalam mengikuti berbagai kompetisi serta prestasi yang didapat dalam kompetisi tersebut.

Selain penjelasan mengenai IKU dan Simkatmawa, materi selanjutnya mengenai layanan administrasi kemahasiswaan disampaikan oleh tim Kemahasiswan FILKOM UB. Dilanjutkan penjelasan mengenai penyusunan RAB, Proposal dan LPJ oleh Hariyatul Fitria. Di akhir kegiatan pengurus dibekali oleh materi mengenai etika organisasi yang disampaikan secara interaktif oleh Hermawan Dwi Putra.[drn]