Sosialisasi Topik Skripsi Program Studi Teknik Informatika dan Laboratorium FILKOM UB

Sosialisasi Topik Skripsi Program Studi Teknik Informatika dan Laboratorium FILKOM UB

Dalam rangka untuk mempermudah para mahasiswa mendapatkan judul dan topik skripsi yang baik dan berbobot, Program Studi Teknik Informatika (Prodi TIF) bersama beberapa Laboratorium di FILKOM UB menyelenggarakan Sosialisasi Penawaran Topik Skripsi yang diselenggarakan secara luring di Auditorium Algoritma, Jum’at (17/02/2023). Terdaftar sejumlah 88 mahasiswa datang mengikuti kegiatan ini.

Mengawali kegiatan, sambutan disampaikan Ketua Departemen TIF, Achmad Basuki, S.T., MMG., Ph.D. (Abas) yang meyampaikan bahwa Prodi TIF dalam waktu dekat akan melaksanakan visitasi akreditasi. Untuk mendapatkan predikat “Unggul”, program studi harus bisa memperbaiki kinerjanya, salah satunya masa studi mahasiswa. Harapannya dengan penyelenggaraan sosialisasi ini, mahasiswa bisa memahami bagaimana proses pengerjaan skripsi yang baik, sehingga bisa lulus tepat waktu dan nantinya setelah lulus, akreditasi dari Prodi TIF sudah terakreditasi “Unggul”.

“Adanya akreditasi ini kita dituntut untuk memperbaiki kinerja dari program studi, salah satunya dilihat dari masa studi mahasiswa. Diharapkan mahasiswa memiliki topik skripsi yang menarik serta dapat lulus tepat pada waktunya. Mahasiswa dihimbau untuk rajin melihat kalender akademik di FILKOM apps,” jelas Abas.

Selain itu Ketua Program Studi TIF, Adhitya Bhawiyuga, S.Kom., M.Sc. menyampaikan bahwa pada semester ini sejumlah 400 mahasiswa telah mengambil skripsi. Tentunya dengan jumlah yang besar menjadi tantangan dari Prodi TIF untuk dapat membimbing mahasiswanya agar lulus dengan tepat waktu serta kualitas dari skripsi yang baik.

“Umumnya menentukan topik skripsi dengan dosen pembimbing memakan waktu cukup lama. Ada yang mengajukan proposal mendekati batas akhir evaluasi akhir semester, akibatnya ditolak otomatis oleh sistem. Berhubung saat ini kegiatan sudah banyak yang luring, Prodi mendorong mahasiswa untuk mengerjakan skripsi di kampus, supaya mahasiswa lebih termotivasi karena dapat bertemu dosen maupun teman-temannya secara langsung untuk berdiskusi,” terang Bhawiyuga.

Tantangan tersebut menjadikan Prodi TIF membuat beberapa kebijakan, Bhawiyuga menyebutkan bahwa hal yang dilakukan prodi TIF diantaranya dengan melakukan pendataan topik dari calon dosen pembimbing yang kemudian disosialisasikan ke mahasiswa. Lalu Prodi juga membuat kanal komunikasi daring dosen & mahasiswa melalui Slack, mengadakan pelatihan kompetensi menulis, serta melakukan pendataan & evaluasi bulanan.

Di FILKOM sendiri ada konsep “Stream”, yaitu kumpulan mata kuliah pilihan yang mendukung pengayaan kompetensi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi, diantaranya Pengembangan Full-Stack (1); Interactive Media (2), Rekayasa Jaringan dan Komputasi Awan (3); Keamanan Siber (4); Komputasi Cerdas (5), dan Sains Data (6). Mahasiswa wajib mengambil minimal 1 matkul pilihan Stream sesuai topik skripsi yg diusulkan.

Selanjutnya topik-topik skripsi juga disampaikan oleh para Ketua Laboratorium di FILKOM, diantaranya ada Laboratorium Mobile, Game, dan Multimedia (MGM) dengan pemateri Aryo Pinandito, S.T., M.MT., Ph.D; Laboratorium Sistem Cerdas oleh Dr. Eng. Novanto Yudistira, S.Kom., M.Sc; Laboratorium Jaringan Berbasis Informasi oleh Eko Sakti Pramukantoro, S.Kom., M.Kom., Ph.D; Laboratorium Technology-Enhanced Learning (Teknologi Pembelajaran) oleh Dr. Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, ST., M.Eng; dan yang terakhir Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak oleh Adam Hendra Brata., S.Kom., M.T., M.Sc. [drn]