Departemen Sistem informasi Adakan Audiensi Mahasiswa Berstatus Terkena Evaluasi Akademik Semester Ganjil 2022/2023

Departemen Sistem informasi Adakan Audiensi Mahasiswa Berstatus Terkena Evaluasi Akademik Semester Ganjil 2022/2023

Fakultas Ilmu Komputer UB, khususnya Departemen Sistem Informasi menyelenggarakan kegiatan audiensi untuk mahasiswa yang terkena evaluasi akademik pada Semester Ganjil 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (07/02/2023) secara daring melalui Zoom yang dipandu oleh Wibisono Sukmo Wardhono, S.T., M.T. sebagai moderator. Adapun yang menghadiri kegiatan ini mulai dari Ketua Departemen SI, Ketua Prodi yang bernaung dalam Departemen SI dan orang tua/wali para mahasiswa yang terkena evaluasi. Materi yang akan disampaikan dalam kegiatan audiensi ini menjelaskan Sistem Akademik dan penjelasan tentang Bimbingan Konseling di FILKOM.

Sambutan diawali oleh Ketua Departemen SI, Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. yang menyampaikan beberapa kebijakan yang telah dikonfirmasi oleh departemen terkait tindak lanjut status akademik mahasiswa di SIAM yang statusnya drop out atau terkena evaluasi studi.

“Dari data yang kita amati saat ini rata-rata angkatan 2015 dalam status drop out atau evaluasi studi karena masa studi sudah berakhir dan maksimal dimana paling lama 14 semester dan belum menyelesaikan tugas akhir atau skripsi,” terang Issa.

Dalam hal ini Fakultas mencoba kebijakan baru dengan mengajukan perpanjangan 1 semester mengacu pada kebijakan dari Kemendikbudristek terkait kebijakan tersebut di masa pandemi. Pengajuan akan dilakukan pada akademik universitas dari data mahasiswa DSI yang terkena status drop out sehingga para mahasiswa memiliki kesempatan untuk dapat lulus dengan catatan mendapatkan persetujuan dari akademik universitas.

Issa melanjutkan bahwa fokus dalam kegiatan kali ini yaitu menjelaskan prosedur administrasi terkait permohonan pengajuan perpanjangan studi dan dapat segera diselesaikan agar dapat diajukan ke akademik universitas sehingga status dari mahasiswa menjadi aktif kembali. Setelah itu, DSI akan melakukan pertemuan lanjutan dimana sebagai proses pendampingan secara intensif dalam penyelesaian skripsi.

Kegiatan dilanjutkan oleh penyampaian dari Unit Bimbingan Konseling FILKOM oleh Wiwin Lukitohadi, S.H., S.Psi., CHRM., MM. yang memberikan motivasi kepada para mahasiswa. Wiwin menyampaikan bahwa Unit Konseling di FILKOM akan selalu terbuka bagi para mahasiswa yang memiliki masalah dan ingin menyampaikan keluh kesahnya sehingga fakultas sedikit banyak dapat membantu dan memberikan masukan agar menjadi solusi permasalahan yang dihadapi mahasiswa. Upaya dalam membantu mahasiswa agar dapat segera lulus dengan waktu yang singkat diperlukan sinergi dan kerjasama dari fakultas dan orang tua/wali mahasiswa agar dapat memantau serta memacu mahasiswa menyelesaikan skripsinya.

Mahasiswa juga dihimbau untuk membuka diri kepada orang tua dalam segala hal, karena masalah yang dipendam diri sendiri akan merambat ke proses study. Selain kepada orang tua, mahasiswa juga dapat menyalurkan keluh kesahnya pada bagian konseling yang ada di fakultas karena bagian konseling akan memberikan solusi dan pendapat untuk berbagi agar tidak muncul penyesalan di akhir dan semoga mahasiswa dapat sukses dalam pendidikannya.[drn]