Tingkatkan Kompetensi Mengajar FILKOM Selenggarakan Workshop Untuk Seluruh Dosen

Tingkatkan Kompetensi Mengajar FILKOM Selenggarakan Workshop Untuk Seluruh Dosen

 

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya mengadakan kegiatan worksop guna meningkatkan serta menguatkan kemampuan pedagogik bagi para dosen. Kegiatan ini dilakasanakan selama dua minggu mulai dari tanggal 31 Januari 2023 sampai 3 Februari 2023 secara luring diikuti oleh seluruh dosen FILKOM. Pemateri berasal dari dosen internal FILKOm dan ada juga yang berasal dari luar yaitu Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd Dosen FIP UM; Prof. Dr. Eddy Sutadji , M.Pd dan Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T. Dosen FT UM; Prof.Sri Rahayu, MEd, PhD Dosen FMIPA UM; serta Cleoputri Al Yusainy, S.Psi., M.Psi., Ph.D. Dosen FISIP UB.

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan Dekan FILKOM, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. yang menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para dosen dalam memberikan pelayanan dan pengajaran bagi para mahasiswa.

“Acara ini diadakan dalam rangka upaya kontinyu meningkatkan kopetensi mutu dan pengembangan di bidang pelayanan dan pengajaran bagi mahasiswa. Metode pembelajaranpun harus variatif agar tidak membosankan serta dapat dipahami oleh mahasiswa”, terang Prof. Wayan.

Selanjutnya Prof. Wayan juga sangat mengapresiasi kegiatan yang positif ini. Beliau menjelaskan bahwa proses pengajaran itu tidak hanya transfer of knowledge tetapi juga mentransfer nilai (transfer of values). Selain itu, yang dibutuhkan oleh mahasiswa adalah motivasi dan semangat untuk belajar. Ketika mahasiswa sudah memiliki motivasi diri untuk belajar, maka dengan sendirinya mahasiswa tersebut akan beraktualisasi pengembangan potensi diri secara optimal, semangat dalam belajar, dan sukses dalam menjalani karir pendidikannya.

Beberapa materi disampaikan dalam workshop kali ini diantarannya Kebijakan Standarisasi Pembelajaran FILKOM, Sosialisasi penggunaan aplikasi BIMO untuk proses bimbingan akademik, Pembuatan modul ajar Blended Learning, Penerapan OBE berbasis LMS Eling, Pembelajaran Kolaboratif & Partisipatif berbasis Team-Based Project serta Stusi Kasus; dan Peran Dosen PA dan Terkait Kesehatan Mental Mahasiswa.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT. juga menyampaikan harapannya dengan pelatihan ini, para dosen memiliki semangat baru dan metode pengajaran yang variatif serta inovatif sehingga proses pembelajaran di kampus bisa terlaksana dengan nyaman, menyenangkan dan maksimal.[drn]