Mahasiswa Magister Kyutech Jepang Lakukan Riset Di FILKOM Dalam Program Short Exchange Students and Collaborative Research

Mahasiswa Magister Kyutech Jepang Lakukan Riset Di FILKOM Dalam Program Short Exchange Students and Collaborative Research

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali menerima mahasiswa luar negeri dalam program Short Exchange Students and Collaborative Research. Kali ini Mizuno Akari, seorang mahasiswi program Magister dari Kyushu Institute of Technology (Kyutech), Jepang. Mizuno datang mulai 17 November 2022 dan melakukan riset terkait penelitiannya sampaidengan 20 Desember 2022. Riset yang dilakukan bertempat di Computer Vision Research Groups, FILKOM UB.

Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, ST., MT. selaku dosen pembimbing juga menyampaikan mahasiswa internasional tersebut melakukan diskusi intensif terkait penelitiannya, sehingga dengan melakukan diskusi riset kedepannya menghasilkan suatu inovasi penelitian bersama yang dibangun oleh 2 institusi yaitu FILKOM UB dan Kyushu Institute of Technology (Kyutech) Jepang.

“Selain dengan adanya program Short Exchange Students secara otomatis menjadikan sarana untuk melatih kepercayaan diri antar mahasiswa. Mahasiswa bisa berlatih bagaimana cara bergaul dengan teman lintas budaya, suku, bangsa, dan bahasa,” terang Fitri.

Riset yang dilakukan oleh Mizuno yaitu deteksi batas lajur kereta api (platform station) untuk penyandang tuna netra. Pada penelitian ini mengembangkan kacamata pintar dengan memanfaatkan kamera untuk mendeteksi adanya (platform station) dengan menggunakan teknologi Computer Vision dan sensor berupa mmwave radar yaitu berupa single-chip yang berfungsi sebagai instrumen navigasi untuk menentukan jarak dan sudut ke objek halangan, dimana kamera dan sensor radar terpasang setinggi mata penggunanya.

“Dengan adanya alat ini diharapkan dapat membantu para penyandang tuna netra, khususnya dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan saat berada di lintasan kereta api, serta dapat melakukan aktivitas secara mandiri tanpa bantuan orang lain” tambah Fitri

Fitri menjelaskan internasionalisasi pendidikan tinggi telah berkembang sedemikian cepat sehingga menuntut mobilitas mahasiswa internasional yang harus terus meningkat sebagai upaya peningkatan mutu tridharma perguruan tinggi melalui kerjasama Internasional.

Dr. Eng. Fitri Utaminingrum, ST., MT. (tengah) bersama Mizuna Akari (kedua dari kanan) dan mahasiswa FILKOM

Program ini dapat meningkatkan reputasi internasional serta menaikkan jumlah mahasiswa asing yang datang dari luar negeri sekaligus dapat mengirimkan Mahasiswa/mahasiswi FILKOM untuk melakukan Exchange Students and Collaborative Research dengan beberapa Universitas di luar negeri salah satunya di Kyushu Institute of Technology, Japan. Dimana sesuai dengan hasil kesepakatan dengan Prof. Chikamude Wada (Kyushu Institute of Technology (Kyutech) Japan yang dilakukan melalui e-mail, pada tahun depan Kyutech akan menerima 2 mahasiswa program studi Magister Ilmu Komputer untuk mengikuti Short Exchange Students selama 3 bulan disana.

Terakhir, Fitri menyampaikan bahwa seorang dosen selain dituntut untuk dapat melakukan kerjasama penelitian baik di badalam negeri, juga diharapkan mampu melakukan kolaborasi dengan para peneliti di luar negeri. Institusinya yang telah mempunyai MoU dengan beberapa perguruan tinggi atau lembaga riset lainnya di luar negeri diharapkan dapat menghasilkan luaran yang jelas. Sehingga dapat terjalinnya jejaring penelitian (network) yang lebih luas sebagai upaya membangun pengakuan di level Internasional (recognizing international) serta komunikasi yang lebih intens antara para pakar khususnya dari luar negeri sehingga akan tercipta pemanfaatan fasilitas bersama antar lembaga secara berkesinambungan sebagai upaya peningkatan mutu penelitian sivitas akademika di level internasional.[ft/drn]