Pemanfaatan Website Trello Dalam Menunjang Pembelajaran Kolaboratif Di Lingkungan SMK Negeri Kota Malang

Pembelajaran kolaboratif telah dilaksanakan pada masa pandemic melalui penggunaan sebuah teknologi informasi. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan proses belajar dan pembelajaran yang berkualitas bagi siswa dan siswi di sekolah. Sehingga membuat guru bertanggung jawab dalam mencapai tujuan tersebut melalui pembelajaran kolaboratif ini.

Pembelajaran kolaboratif dalam pembelajaran di kelas menjadi penting diimplementasikan agar dapat menciptakan interaksi social yang ada antar siswa. Hal ini bermanfaat bagi pemahaman siswa dan juga peningkatan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru secara berkelompok. Dengan adanya pandemic covid 19, membuat masalah dalam pembelajaran semakin kompleks meskipun di satu sisi, guru dituntut untuk menghasilkan lulusan yang kompeten.

Oleh karena itu melalui program pengabdian masyarakat menggunakan Dana DIPA, tim dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) yang diketuai oleh Faizatul Amalia, S.Pd, M.Pd (1) serta beranggotakan Denny Sagita Rusdianto, S.Kom., M.Kom(2); Fajar Pradana, S.ST., M.Eng (3) dan Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D(3) mengadakan pelatihan bagi guru untuk mengelola tugas yang diberikan kepada murid melalui penggunaan Website Trello. Kegiatan ini diaksanakan di SMKN 9 dan SMKN 12 Kota Malang dan diselenggarakan selama 3 (tiga) hari, 11-12 Agustus 2022 secara luring dan daring.

Faizatul menjelaskan bahwa Trello sendiri adalah sebuah aplikasi manajemen tugas atau task management dengan fitur seperti boards, lists, cards, dan menu.

“Kegiatan pelatihan ini mendukung dalam peningkatan kemampuan guru terutama pemanfaatan aplikasi sebagai alat bantu yaitu Trello untuk menerapkan pembelajaran kolaboratif,” terang Faizatul.

Faizatul juga menambahkan dengan banyaknya fitur yang dimiliki oleh Trello diharapkan siswa dapat mengerjakan dan melaporkan progress pengerjaan tugas melalui Trello tersebut. Karena Trello dapat menampilkan dan mengorganisir banyaknya tugas terutama dalam menerapkan pembelajaran kolaboratif bagi siswa di SMK. Pentingnya pembelajaran kolaboratif bagi siswa SMK dikarenakan interaksi social yang terintegrasi dalam pembelajaran ini akan mempermudah siswa tersebut pada saat melaksanakan praktik kerja industri atau bekerja.

Harapannya dengan pelatihan web Trello ini dapat memberikan pemahaman yang baik terhadap para guru dan siswa terutama dalam mengelola tugas-tugas yang menerapkan pembelajaran kolaboratif. Selain itu modul dan video tutorial menggunakan Trello dalam mengelola tugas juga sudah disiapkan sebelum pelatihan dilaksanakan. Hal ini bertujuan agar peserta pelatihan dapat mencoba secara mandiri di rumah dan mengulang kembali materi yang sudah diberikan ketika pelatihan diberikan.

Minat guru mengikuti pelatihan ini dengan baik dapat dilihat berdasarkan tugas yang dikumpulkan dan kegiatan yang diikuti. Hal ini mengindikasikan bahwa para guru menyambut positif kegiatan yang telah dilakukan. Sesuai dengan harapan para sekolah, mereka sangat mengharapkan adanya kegitan-kegiatan yang sifatnya memberi penyegaran bagi para guru, baik terkait dengan pendalaman materi bidang studi ataupun terkait dengan metode mengajar yang relevan dengan kondisi di dunia nyata. Kepala sekolah dan guru-guru menyambut antusias terkait pelaksanaan kegiatan ini dan berharap pelaksanaan kegiatan dapat dilakukan secara kontinu untuk membantu meningkatkan kualitas guru-guru SMK secara umum. Dengan demikian kegiatan pengabdian ini telah berlangsung dengan baik.[drn]