Bootcamp Dekan Cup Pertemuan 2: Mentoring dan Pendampingan Intensif MABA FILKOM 2022

Bootcamp Dekan Cup Pertemuan 2: Mentoring dan Pendampingan Intensif MABA FILKOM 2022

Rangkaian Bootcamp Dekan Cup FILKOM UB yang diagendakan terdiri atas tiga kali pertemuan, kini telah sampai pada tahap pertemuan kedua (Sabtu, 12/11/2022). Pada pertemuan kali ini para mahasiswa baru (MABA) FILKOM 2022 sejumlah kurang lebih 900 orang dibagi dalam enam kelompok besar sesuai keminatannya, yaitu bidang Seni Religi Islam, Public Speaking, Seni dan Sastra, Sinematografi, Kewirausahaan dan Karya Ilmiah. Pelaksanaannya bertempat di FILKOM UB Gedung G lantai 2 dan Gedung F lantai 2, 3 dan 4.

Khalid – Seni Religi Islam

Setelah pada pertemuan pertama para peserta diberikan pengantar tentang masing-masing bidang, maka di pertemuan kedua ini para peserta menjalani proses mentoring dan memulai pembuatan karya tahap awal atau melakukan simulasi. Pada bidang Seni Religi Islam peserta diminta memilih salah satu dari empat kategori yang ada, meliputi kategori Desain Aplikasi Al-Qur’an, Tartil Qur’an, Fahmil Qur’an dan Tahfidz Qur’an. Dibawah bimbingan Khalid Rahman, S.Pd.I., M.Pd.I salah satu dosen FILKOM, peserta yang memilih kategori Desain Aplikasi Al-Qur’an diminta untuk mulai menggali ide terkait aplikasi yang akan dibuat. Sementara peserta kategori Fahmil Qur’an diminta mencari fenomena di masyarakat yang bisa dikaitkan dengan ilmu Qur’an. Bagi peserta kategori Tartil Qur’an dan Tahfidz Qur’an diminta untuk mulai berlatih membaca dan hafalan Al-Qur’an.

Pada bidang Public Speaking dihadirkan Muhammad Rizal Galinato Jr, mahasiswa FT UB yang sudah sering menjadi juara debat baik skala nasional maupun internasional. Peserta diberikan pengetahuan umum tentang kontes debat, serta tips dan trik menjadi debater yang handal. Selain itu peserta juga diberi kesempatan untuk melakukan simulasi debat diakhir pertemuan.

Muh Rizal – Public Speaking

Di kelas bidang Seni dan Sastra hadir sebagai pemateri Ketua Bidang Keahlian Desain Interior Vokasi UB, Debri Harydia Putri, M.Ds. yang menyampaikan materi pembuatan poster. Pembahasannya meliputi cara pembuatan poster infografis yang baik dan menarik.

Debri – Seni dan Sastra

Pada bidang Sinematografi yang dibimbing oleh Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. peserta diberikan gambaran awal tentang kompetisi Dekan Cup FILKOM 2022, meliputi ketentuan lomba, link akses referensi pembuatan karya dan timeline pelaksanaan bootcamp. Setelah itu peserta diminta untuk mencari ide dan menungkannya dalam storyboard yang dikerjakan secara berkelompok.

Di bidang kewirausahaan, Octadila Laily Anggraeni, S.E., M.A dosen FEB UB dipercaya menjadi pemateri untuk pembahasan tentang Business Model Canvas. Setelah sesi penyampaian materi, peserta langsung diminta berkelompok menerapkan pembuatan Business Model Canvas.

Lailil – Karya Ilmiah

Terakhir, di kelas bidang Karya Tulis Ilmiah, peserta dibagi dalam lima kelompok besar sesuai kategori karya tulis ilmiah dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diminati. Terdiri atas kategori PKM Riset Eksakta (PKM-RE), PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan IPTEK (PKM-PI), PKM Karsa Cipta (PKM-KC) dan PKM Karya Inovatif (PKM-KI). Masing-masing kategori menghadirkan pemateri dosen internal FILKOM yang pernah membimbing PKM terkait. [dna/drn]