FILKOM UB Terima Kunjungan SMAIT Almarjan Bekasi Dan SMA Islam Al Azhar 7 Solo

FILKOM UB Terima Kunjungan SMAIT Almarjan Bekasi Dan SMA Islam Al Azhar 7 Solo

Kamis (13/10/2022) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menerima kunjungan dari SMAIT Almarjan Bekasi dan SMA Islam Al Azhar 7 Solo bertempat di Gedung Auditorium Algoritma FILKOM UB. Dalam kesempatan ini, Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. menyambut kunjungan secara langsung ditemani oleh seluruh jajaran pimpinan Dekanat. Untuk rombongan SMAIT Almarjan Bekasi sejumlah 85 orang sedangkan SMA Islam Al Azhar 7 Solo sejumlah 60 orang yang terbagi dari guru dan para murid.

Dalam sambutannya Prof. Wayan menjelaskan secara singkat mengenai sejarah dan profil singkat dari FILKOM UB. Berdiri sejak 2011 dengan nama Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK), FILKOM UB menjadi salah satu fakultas termuda di Universitas Brawijaya. Walaupun dengan usia muda, prodi-prodi di FILKOM UB menjadi salah satu prodi favorit dan memiliki banyak peminat.

“Walaupun FILKOM terbilang fakultas muda akan tetapi banyak peminat setiap tahunnya, bahkan berada di bawah Fakultas Kedokteran. Untuk dapat diterima menjadi mahasiswa FILKOM harus menyisihkan banyak pesaing,” terang Prof. Wayan.

Selanjutnya penjelasan lebih lengkap mengenai profil dari FILKOM UB disampaikan Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. Dalam pemaparannya disampaikan bahwa FILKOM memiliki dua departemen yang sebelumnya adalah berupa jurusa, yaitu Departemen Teknik Informatika dan Departemen Sistem Informasi. Dimana masing-masing departemen terdiri atas tiga program studi (prodi). Adapun prodi yang berada di bawah Departemen Teknik Informatika meliputi (1) Prodi Teknik Informatika, (2) Prodi Teknik Komputer dan (3) Prodi Magister Ilmu Komputer (S2). Sementara itu prodi yang berada di bawah naungan Departemen Sistem Informasi meliputi (1) Prodi Sistem Informasi, (2) Prodi Teknologi Informasi dan (3) Prodi Pendidikan Tekologi Informasi.

Selain itu dijelaskan pula bagi siswa yang berminat untuk melanjutkan studinya di FILKOM, terdapat berbagai jalur seleksi masuk yang dapat dipilih. Terdiri atas jalur nasional (SNMPTN dan SBMPTN), jalur mandiri serta jalur Seleksi Alih Program (SAP). Informasi mengenai ketentuan masing-masing jalur masuk dapat diakses di selma.ub.ac.id. Disetiap penghujung acara kunjungan tersebut peserta diberi kesempatan untuk bertanya dalam sesi tanya jawab untuk menggali informasi lebih dalam tentang FILKOM UB.

Melalui kunjungan ini perwakilan guru SMAIT Almarjan Bekasi menyampaikan bahwa kunjungan ke FILKOM ini agar mengenalkan para siswa mengenai perkembangan teknologi terkini. Mengetahui perkembangan industri 4.0 bagi generasi muda yang dianggap penting, melihat bagaimana kedepannya genarasi muda yang akan meneruskan perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin meningkat. Untuk itu menggiring siswa agar terbuka mengenai revolusi industri 4.0 adalah hal yang tidak boleh dikesampingkan.[drn]