Aplikasi Deteksi Jejak Karbon Buatan Mahasiswa FILKOM UB Bawa Juara Pertama di UI/UX Competition Universitas Diponegoro

Aplikasi Deteksi Jejak Karbon Buatan Mahasiswa FILKOM UB Bawa Juara Pertama di UI/UX Competition Universitas Diponegoro

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali menorehkan prestasi. Kali ini kabar membanggakan datang dari Diponegoro UI/UX Competition (DUC) Anforcom 2022 dimana kompetisi ini merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Diponegoro, Semarang. Tiga mahasiswa FILKOM UB yang tergabung dalam tim BCC Kelapa Muda berhasil memperoleh juara satu.

Tim yang beranggotakan I Putu Krisna Sedana (Teknik Informatika, 2019); Ivanna Adista Sihombing (Teknik Informatika, 2019); dan Hafizh Daffa Septianto (Teknik Informatika, 2019) dibimbing oleh Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd menghasilkan karya aplikasi dengan nama Fina yaitu sustainable living application untuk membantu mengurangi Carbon Footprint.

“Fina hadir untuk membantu masyarakat agar bisa menjalani hidup yang lebih ramah lingkungan (sustainable living). Contohnya seperti menggunakan kendaraan umum, mengurangi konsumsi daging, atau hemat dalam menggunakan listrik. Dengan fitur Kalkulator Jejak Karbon, Rekomendasi Aksi, Campaign, dan Gamifikasi, Fina berkomitmen untuk membantu pengguna agar bisa membangun kebiasaan ramah lingkungan dengan lebih mudah dan menyenangkan,” terang Krisna.

Selain itu Krisna juga menjelaskan motivasinya mengikuti kompetisi ini, menurutnya Timnya (BCC Kelapa Muda) sudah memiliki tekad untuk menjadikan tahun 2022 menjadi tahun kemenangan. Hal ini didasari pada tahun 2021, BCC Kelapa Muda belum sekalipun berhasil meraih juara, maksimal hanya sampai menjadi finalis. Kegagalan-kegagalan tersebut akhirnya menjadikan semangat tersendiri untuk memperbaiki diri.

“Saya pribadi memiliki motivasi untuk belajar banyak melalui kompetisi. Juara hanyalah bonus, yang terpenting adalah pengalaman dan skill yang bisa saya latih. Dengan mengikuti berbagai kompetisi, saya percaya bahwa pengalaman tersebut akan menjadi bekal untuk saya berkarir setelah kuliah,” imbuh Krisna

BCC Kelapa Muda pada kompetisi kalini berhasil mengungguli tim UX Labs, Universitas Komputer Indonesia (Juara 2); tim Notention, Universitas Al-Azhar Indonesia (Juara 3) dan tim Alkana, Institut Teknologi Bandung (Harapan 1). Kompetisi yang dimulai sejak Agustus diakhiri dengan pengumuman pemenang pada Sabtu, 8 Oktober 2022 lalu.

“Berani untuk gagal! kami habiskan jatah gagal kami di tahun lalu sehingga tahun ini puji Tuhan bisa diberi kesempatan untuk meraih juara hingga 5 kali berturut-turut dalam 6 bulan terakhir. Mumpung temen-temen masih mahasiswa dan diberikan fasilitas yang melimpah dari FILKOM, yuk habiskan jatah gagalnya dan “panen” lah kemudian!” saran Krisna

Diponegoro UI/UX Competition (DUC) Anforcom tahun ini diikuti oleh berbagai tim yang berasal dari universitas terkemuka di Indonesia. Hadir dengan tema Overcome The Infinity, Anforcom bertujuan mengenalkan Kultur Teknologi kepada masyarakat dan menumbuhkan jiwa-jiwa kompetitif yang sportif di kalangan pelajar.[drn]