Webinar Telebot, React Native, CNN dan KNN

Webinar Telebot, React Native, CNN dan KNN

FILKOM bekerjasama dengan Pinjam Modal dan Cooderu menyelenggarakan webinar online yang membahas tentang Telebot, React Native, CNN dan KNN selama tiga hari berturut-turut pada 5 – 7 Oktober 2022. Materi disampaikan oleh para profesional dari Pinjam Modal dan Cooderu dengan moderator dosen FILKOM yang memandu jalannya acara. Peserta adalah mahasiswa FILKOM dari berbagai program studi dan Angkatan.

Pada hari pertama materi tentang “Create Telegram Bot with NodeJS” disampaikan oleh Polma Tambunan selaku Software Engineering Manager Pinjam Modal. Pembahasan yang disampaikan meliputi informasi dasar tentang Bot mulai definisi, macam atau jenisnya, keuntungan penggunaan dan bagaimana cara kerja Bot. Selain itu Polma juga menyampaikan tentang bahasa pemrograman yang perlu dikuasai lulusan IT untuk mempersiapkan diri dalam berkarir di dunia kerja. Di akhir sesi Polma juga mempraktekkan secara detil setiap tahapan untuk membuat chatbot di Telegram.

Hari kedua diisi oleh Yosafat Vincent S selaku Data Scientist (Machine Learning Specialist) Pinjam Modal yang menyampaikan materi bertema “CNN+KNN Combi? Why Not?”. Pembahasan diawali dengan pengantar tentang CNN, embedding feature dan KNN. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan studi kasus penggunaan CNN dan KNN dalam pengenalan image jenis kereta api. Selain itu diakhir sesi Polma Tambunan, pemateri hari ke satu juga ikut menyampaikan informasi tentang program bootcamp yang diselenggarakan oleh Cooderu. Terdapat dua jenis bootcamp yang ditawarkan, yaitu Bootcamp Front end Developer dan Back end Developer. Keduanya diselenggarakan dalam jangka waktu 12 minggu dengan harga yang terjangkau serta penawaran fasilitas yang unggul seperti kurikulum yang up to date, adanya career couching, sistem pelatihan yang berbasis praktikal melalui studi kasus dan proyek berdasarkan role yang dapat memperkaya portfolio peserta, serta adanya job placement dari perusahaan rekanan Cooderu bagi lulusan bootcamp.

Pada hari terakhir Fachri Naufal selaku Mobile Engineering Manager di Pinjam Modal menyampaikan materi bertema “Aplikasi Android dengan React Native”. Pembahasan mencakup pengantar tentang React Native, termasuk bagaimana cara kerja dan keunggulannya. Selanjutnya Fachri juga menunjukkan bagaimana penggunaan React Native dalam membangun platform mobile untuk Pinjam Modal dan diteruskan dengan sesi tanya jawab.

Pada kesempatan itu, setiap sesi materi selalu dibuka dengan pengenalan tentang PT Finansial Integrasi Teknologi atau lebih dikenal dengan Pinjam Modal oleh Anas Thasia selaku Human Capital Manager. Dijelaskan bahwa Pinjam Modal adalah perusahaan penyedia layanan keuangan terutama bagi para UMKM offline maupun online dan juga para pengusaha yang membutuhkan pembiayaan di sektor produktif. Pinjam Modal juga telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 19 Mei 2020. Dalam komitmennya memberikan sumbangsih bagi dunia Pendidikan, selain bekerjasama dalam penyelenggaraan webinar, Pinjam Modal juga terbuka bagi mahasiswa FILKOM yang tertarik melakukan internship atau ingin berkarir di Pinjam Modal. Harapannya dengan kerjasama ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak. [dna]