Departemen Sistem Informasi Adakan Pelatihan Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi

Senin (25/7/2022) Departemen Sistem Informasi (DSI) Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengadakan pelatihan Pelatihan Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi bagi seluruh Dosen DSI. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara luring di Auditorium Algoritma dengan dihadiri Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT; Ketua Departemen sistem Informasi, Issa Arwani, S.Kom., M.Sc; dan jajaran pimpinan Kaprodi di Departemen Sistem Informasi. Selain itu, pemateri dalam pelatihan ini menghadirkan Dr. Eng. Muhammad Ashar Pakkwaru, S.T., M.T. yang merupakan dosen Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang (UM) serta salah satu dosen FILKOM UB, Fajar Pradana, S.ST., M.Eng.

Mengawali acara sambutan disampaikan oleh Herman Tolle. Beliau menyampaikan terima kasih kepada pemateri dari UM yang bersedia hadir untuk sharing ilmu kepada para dosen di FILKOM UB khususnya di Prodi SI. Menurut Herman, materi mengenai pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi sangat baik untuk diikuti oleh para dosen, mengingat FILKOM UB merupakan fakultas yang sangat erat kaitannya dalam bidang teknologi.

“Tidak hanya bermanfaat dalam pembelajaran, saya berharap para dosen juga dapat mengimplementasikan dan mengembangkan teknologi tersebut. Harapannya semua prodi di FILKOM UB dapat lebih unggul di bidang teknologi,” sambut Herman.

Selanjutnya sambutan juga disampaikan oleh Issa Arwani yang menjelaskan kurang lebih sama seperti apa yang dijelaskan oleh Herman Tolle, bahwa perkembangan teknologi sangat erat kaitannya dengan materi pembelajaran interaktif di FILKOM. Pembelajaran secara Interaktif juga menjadi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) sehingga menjadi penting untuk diterapkan. Issa berharap dengan adanya pelatihan ini, para dosen DSI dapat memiliki pemahaman baru dan menerapakan untuk pembelajaran di semester ganjil yang akan datang.

Masuk dalam inti acara yaitu penyampaian materi yang pertama oleh Muhammad Ashar. Sebelumnya beliau menyampaikan bahwa FILKOM UB diisi oleh mayoritas dosen muda sehingga menjadi nilai positif untuk dapat berkembang selaras dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Dengan era pandemi saat ini para pengajar tetap dituntut untuk dapat memberikan pemahaman yang mudah dipahami oleh mahasiswanya walaupun disampaikan secara daring, oleh karena itu sebaiknya sistem pembelajaran dilakukan secara interaktif dengan memaksimalkan platform-platform pembelajaran yang ada seperti video pembelajaran digital, buku digital, atau modul digital, serta mengadakan workshop atau bootcamp.

“Platform ini mengajarkan kita untuk dapat berkembang dalam menerapkan sistem pembelajaran sesuai dengan kebutuhan zaman, selain itu penggunaan platform ajar akan sangat efisien dalam memberikan materi kepada para mahasiswa,” terang Ashar.

Lanjut dalam materi kedua oleh Fajar Pradana yang menyampaikan pemanfaatan fitur interaktif H5P pada Eling FILKOM UB. Perlu diketahui sebelumnya bahwa Eling disini berbasis moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) yaitu software e-learning berbasis website yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran. Pada masa pandemi, Eling sangat berguna dan bermanfaat dalam sistem pembelajaran di FILKOM UB karena disana dapat melaksanakan berbagai kegiatan seperti memberikan video pembelajaran dan memberikan kuis kepada mahasiswa dengan harapan mahasiswa tersebut dapat belajar secara mandiri. Fajar menjelaskan untuk H5P merupakan semacam plugin yang berada di dalam moodle agar pembelajar lebih interaktif dan tidak hanya dari satu arah saja.[drn]