FILKOM UB Sukses Selenggarakan International Conference On Multidisciplinary Applications of Information Technology (ICOMIT) Untuk Pertama Kalinya

FILKOM UB Sukses Selenggarakan International Conference On Multidisciplinary Applications of Information Technology (ICOMIT) Untuk Pertama Kalinya

the 1st International Conference On Multidisciplinary Applications of Information Technology (ICOMIT) menjadi konferensi ilmiah internasional kedua yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas brawijaya (FIILKOM UB) setelah Sustainable Information Engineering and Technology (SIET) dan ICOMIT 2022 pertama kali diselenggarakan tahun ini pada 18 Juli 2022. Walaupun dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) di Auditorium Algoritma FILKOM, kegiatan ini sukses diselenggarakan dengan 12 paper yang lolos seleksi review.

Riswan Septriayadi Sianturi, S.Si., M.M., M.Sc., Ph.D. selaku ketua penyelenggara menyampaikan bahwa ICOMIT menjadi wadah bagi para penulis dari berbagai disiplin ilmu untuk berbagi penemuan dan ide-ide penelitian terbaru yang mereka miliki. Meski merupakan penyelenggaraan perdana dan belum terindeks scopus namun ICOMIT 2022 memiliki daya tarik tersendiri bagi para peneliti karena telah dikelola dengan sangat baik.

Dengan tema “Multidisciplinary Applications of Information Technology for Better Living in the Post-Pandemic Era.” pada ICOMIT 2022 ini panitia penyelenggara juga mengundang tiga orang keynote speaker yaitu (1) Dawn Owens, Ph.D dari The University of Texas at Dallas; (2) Prof. Márton Lőrinc dari Sapientia Hungarian University of Transylvania, Hungary dan (3) Prof. Hiroki Tamura dari Miyazaki University, Jepang.

ICOMIT 2022 dibuka secara resmi oleh Dekan FILKOM, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. Beliau menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan kehadiran dari ketiga keynote speaker dalam kegiatan konferensi internasional pertama kali ini. Prof. Wayan juga menyampaikan bahwa FILKOM juga akan selalu mensupport Universitas dengan menyelenggarakan berbagai konferensi baik dalam skala nasional maupun internasional.

Selanjutnya ketiga keynote speaker menyampaikan dan mempresentasikan hasil dari penelitiannya masing-masing. Yang pertama, Dawn Owens, Ph.D menyampaikan “What have we learned about Work-From-Home During the Covid-19 Pandemic?” yaitu penelitian yang membahas perubahan dan perkembangan kinerja dari pegawai selama pandemi dan melaksanakan work from home. Kedua, Prof. Márton Lőrinc yang menyampaikan “Modeling and Migration-Based Control of Depopulation” yaitu tentang pemodelan populasi manusia dilihat dari migrasinya. Ketiga, Prof. Hiroki Tamura menyampaikan “Digitization Technology for Remote Monitoring ands its Applications”, yaitu membahas mengenai teknologi digitalisasi untuk pemantauan jarak jauh serta dalam penerapannya.

Perlu diketahui, ICOMIT 2022 merupakan salah satu rangkaian konferensi yang diselenggarakan oleh FILKOM UB selain SIET 2022 (International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology) dan SENTRIN (Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi) yang akan dilaksanakan pada 22 November 2022.[drn]