FILKOM UB Berikan Pelatihan Penjadwalan Perkuliahan Bagi Tenaga Kependidikan

FILKOM UB Berikan Pelatihan Penjadwalan Perkuliahan Bagi Tenaga Kependidikan

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mengadakan kegiatan Pelatihan Penjadwalan Perkuliahan Semester Ganjil 2022/2023 pada Kamis (14/7/2022) secara luring di ruang Laboratorium Gedung G FILKOM. Sasaran dari kegiatan pelatihan ini adalah beberapa Tenaga Kependidikan FILKOM UB mulai dari bagian akademik, bagian umum perlengkapan, unit laboratorium serta unit PSIK.

Materi Kegiatan ini disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT; Ketua Departemen Sistem Informasi, Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. serta Yohanes Setiawan, S.TP salah satu tenaga kependidikan yang selama ini paham dan fasih dalam pengerjaan penjadwalan perkuliahan di FILKOM UB.

Mengawali acara Herman Tolle menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan pelatihan ini adalah untuk menambah dan upgrade ilmu bagi rekan-rekan tenaga kependidikan khususnya tenaga kependidikan di luar bagian akademik. Selain itu juga mempermudah dan mempercepat pembuatan penjadwalan perkuliahan sehingga tidak di tangani oleh satu orang saja.

“Pelatihan ini bertujuan supaya penjadwalan tidak terfokus pada satu orang dan lebih cepat serta efisien dalam pengerjaannya, terang Herman.

Selanjutnya materi disampaikan oleh Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. yang menyampaikan mengenai mekanisme umum penjadwalan mata kuliah di FILKOM UB. Issa menyampaikan bahwa membuat penjadwalan cukup mudah tidak sesulit seperti apa yang dipikirkan oleh Sebagian tenaga kependidikan. Bahkan sejak tahun 2012 tim akademik mampu mengerjakan penjadwalan walaupun terdapat beberapa situasi yang sulit.

Dalam penjadwalan terdapat beberap faktor yang harus di pertimbangkan dalam menyusun penjadwalan yang pertama harus mengetahui kondisi dan jumlah mahasiswa yang dimiliki oleh FILKOM sehingga dapat menentukan mata kuliah yang dibuka sesuai dengan kebutuhan. Selain itu pemetaan dosen sesuai dengan kompetensi, beban, kesibukan dan mendukung tim teaching. Issa juga menambahkan bahwa faktor eksternal seperti kesiapan penggunaan ruanggan juga harus dioptimalkan karena anak mempengaruhi penyusunan penjadwalan mata kuliah serta jangan sampai terjadi bentrokan antar jadwal mata kuliah.

Di akhir kegiatan materi pembuatan penjadwalan dan pengerjaan secara teknis disampaikan oleh Yohanes Setiawan kepada peserta pelatihan yang hadir. Penjelasan secara mudah serta efisien dari Yohanes dapat terserap dengan baik dan mudah dipahami oleh tenaga kependidikan FILKOM UB.[drn]