Opening Ceremony Digital Talent Scholarship – Fresh Graduate Academy (DTS-FGA) 2022

Opening Ceremony Digital Talent Scholarship – Fresh Graduate Academy (DTS-FGA) 2022

Tahun 2022 ini Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali dipercaya menjadi perguruan tinggi mitra dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam penyelenggaraan Digital Talent Scholarship – Fresh Graduate Academy (DTS-FGA). Opening Ceremony DTS-FGA 2022 FILKOM UB diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom pada Rabu (13/7/2022). Sebelumya FILKOM UB beberapa tahun ini sudah menyelenggarakan kegiatan FGA mulai dari tahun 2019.

Pada tahun ini Opening Ceremony dibuka oleh Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk kepercayaannya kepada FILKOM UB dalam menyelenggarakan DTS-FGA mulai dari tahun 2019.

“Selama ini respon Kominfo sendiri terhadap FILKOM sangat baik dalam menyelenggaraan kegiatan FGA sehingga dipercaya untuk membuka banyak kelas pelatihan sejak 2019. Kami juga berterima kasih kepada panitia pelaksana, karena telah sukses menyelenggarakan FGA dalam beberapa tahun ini dan dipercaya untuk menjadi penyelenggara pada tahun ini,” sambut Prof. Wayan.

Prof. Wayan juga menyampaiakan dengan diselenggarakannya FGA ini maka akan membekali para alumni khususnya lulusan dari bidan IT dan Teknologi agar upgrade dari segi keilmuan dan siap untuk terjun dalam dunia industri.

Selanjutnya sambutan juga disampaikan ketua pelaksana DTS-FGA 2022 FILKOM UB Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom. Dalam tahun ini tercatat sebanyak 464 peserta yang terdiri dari lulusan program Vokasi/D3, Sarjana mapupun Mahasiswa semester akhir di seluruh Indonesia. Tentunya jumlah peserta tersebut naik dari tahun sebelumnya.

“Harapannya dengan diadakan pelatihan ini dapat memberikan kemampuan siap pakai dan mengembangkan skill bagi lulusan Sarjana maupun D3 yang akan berdampak untuk mengurangi angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi melalui pelatihan dan sertifikasi”, ujar Heru.

Selain dengan Kominfo, FILKOM juga bekerjasama dengan mitra global seperti Cisco Networking Academy, Microsoft, Huawei, Oracle Academy dan Red Hat Academy. Pelatihan ini juga terselenggara di 53 mitra perguruan Tinggi, Global Technology Company dan Mitra Edukasi Teknologi. Heru juga menjelaskan banyak hal dalam briefing ini mulai dari tata tertib, kewajiban dan hak yang didapat oleh peserta serta penjelasan mengenai sertifikasi kegiatan FGA ini.[drn]