Mengetahui Interaksi Pengguna Dan Dasar AI Dalam Game

Mengetahui Interaksi Pengguna Dan Dasar AI Dalam Game

Webinar Series on Interaction Design kembali hadir kembali pada pertemuan keempat pada Kamis (30/6/2022). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Teknologi Media, Game, dan Mobile Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kali ini menghadirkan alumni FILKOM UB lagi yang melanjutkan studi doktoral di luar negeri. Diselenggarakan secara daring, kegiatan ini dihadiri partisipan yang merupakan mahasiswa FILKOM UB.

Dengan tema “Basic AI for Game and User Interaction” webinar ini diisi oleh Mury Fajar Dewantoro, M.Eng (Teknik Informatika FILKOM 2010) yang saat ini mengenyam pendidikan doktoral di Ritsumeikan University, Jepang. Kehiatan webinar ini juga dipandu oleh salah satu dosen FILKOM UB yaitu Ratih Kartika Dewi, S.T., M.Kom.

“Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI didefinisikan sebagai kecerdasan buatan yang bersifat ilmiah. Kecerdasan tersebut diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin atau komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia,” terang Mury.

Kemudian menurut Mury, game dapat diartikan sebagai suatu bentuk hiburan yang memiiki sekumpulan aturan yang menentukan apa yang dapat dilakukan pemain dan apa yang tidak dapat dilakukan. Game yang menggunakan kecerdasan buatan mengacu pada teknik yang digunakan dalam permainan komputer dan video untuk menghasilkan ilusi intelijen dalam perilaku karakter non-pemain (NPC). Teknik yang digunakan biasanya memanfaatkan metode yang ada dari bidang kecerdasan buatan (AI).

Kegiatan webinar ini berlangsung selama satu jam lebih dan di akhir acara kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dari para partisipan kepada pemateri.[drn]