Mahasiswa FILKOM UB Antusias Sambut Program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) Batch 3

 

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) kembali menyelenggarakan info session mengenai Program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka yang kali ini memasuk Batch 3. Kegiatan ini dilaksanakan Kamis (23/6/2022) secara daring dan diisi langsung oleh Intan Sartika Eris Magfiroh, S.E., M.BA. selaku Koordinator MBKM FILKOM UB. Dihadiri oleh sekitar 80 partisipan yang sebagian besar mahasiswa FILKOM semester 6, membuktikan antusiasme yang masih tinggi terhadap program MSIB tersebut.

Mengawali acara, Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. selaku Ketua International Relation Office (IRO) FILKOM UB memberikan sedikit sambutannya. Menurutnya, kegiatan program MSIB ini merupakan salahsatu yang berhasil dan banyak diminati oleh mahasiswa FILKOM, mangacu pada tahun sebelumnya dengan 245 mahasiswa yang diterima.

“MSIB yang sudah memasuki part 3 ini membuktikan bahwa kegiatan ini bukan menjadi kegiatan biasa karena animo yang besar dari mahasiswa FILKOM. Dengan adanya kegiatan ini nantinya mahasiswa akan banyak bereksplorasi dan mengembangkan bakat diluar kampus,” sambut Komang.

Memasuki acara inti, sebagai perkenalan dan pengetahuan mengenai MSIB, Intan Sartika menjelaskan Program MSIB yang merupakan salah satu program utama Kemendikbudristek melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Magang bersertifikat memberi mahasiswa kesempatan mendapat pengalaman kerja di dunia industri atau dunia profesi nyata selama 16 sampaidengan 24 minggu.

“Tujuan lain dengan adanya program magang dari kementerian ini adalah mengurangi kesenjangan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) antara permintaan dari industry dengan lulusan dari perguruan tinggi,” terang Intan.

Intan juga menjelaskan dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skill dan soft skill agar mahasiswa makin mantap memasuki dunia kerja dan karier. Adapun magang bersertifikat nantinya akan memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan ketika kembali ke kampus.

Selain itu dengan adanya program ini akan membuka kesempatan lebih besar bagi mahasiswa ketika lulus nantinya untuk direkrut langsung oleh perusahaan tempat magang dengan catatan memiliki keahlian dan kecakapan dalam bekerja. Di akhir kegiatan, perusahaan/industri juga akan memberikan sertifikat kompensasi dimana juga akan berguna bagi para lulusan ketika melamar pekerjaan.[drn]