Penerapan Teknologi AI Masa Kini

Penerapan Teknologi AI Masa Kini

  

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melalui Program Studi Magister Ilmu Komputer menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu/webinar program Hibah Professor 3in1 pada Selasa (17/5/2022) yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Webinar kali ini Prodi Magister Ilkom mengundang Prof. Dr. Kohei Arai dari Saga University, Jepang dengan mengusung tema Current Status of Applied AI Research.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT. kemudian Ketua Prodi Magister Ilmu Komputer, Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T., M.Eng., Ph.D. dan partisipan yang terdiri dari dosen dan mahasiswa FILKOM UB.

“Thank you Prof. Kohei Arai for attending to FILKOM for sharing knowledge to the lecturers and students,” sambut Sabriansyah.

Sabriansyah juga menambahkan dengan hadirnya Prof. Kohei yang sebelumnya sudah sering hadir di FILKOM UB akan menambah pengetahuan bagi para mahasiswa mengenai perkembangan dan teknologi AI (Artificial Intelligence).

Masuk dalam kegiatan utama Prof. Kohei Arai menjelaskan beberapa materi diantaranya definisi dari AI, contoh-contoh penerapan AI, dampak bagi AI dari perubahan society 4.0 ke society 5.0. Tidak bisa kita pungkiri bahwa dunia teknologi semakin lama berkembang dengan pesat. Salah satu jenis teknologi yang saat ini sudah banyak digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia adalah Artificial Intelligence atau AI atau kecerdasaran buatan.

“AI itself analyzes the data and finds the properties and rules of the rules. For example, automatically identify spam by learning a lot of email information,” jelas Prof. Kohei Arai.

Hadirnya Artificial Intelligence menurut Prof. Kohei Arai yaitu dapat memberikan kemudahan dalam setiap pekerjaan manusia, mulai dari pemrosesan bahasa alami, menggerakkan, menalar, maupun juga memanipulasi objek. Selain itu, kehadiran Artificial Intelligence juga diharapkan mampu mengenali pengetahuan dan juga bisa melakukan pembelajaran sehingga pada akhirnya bisa mengembangkannya.[drn]