Prodi PTI FILKOM UB Laksanakan Evaluasi PLP Bersama Mitra SMK di Kota Malang

Prodi PTI FILKOM UB Laksanakan Evaluasi PLP Bersama Mitra SMK di Kota Malang

Senin (28/3/2022) Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (Prodi PTI), Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melaksanakan kegiatan evaluasi pelaksanaan PLP bersama mitra SMK di Kota Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FILKOM, Prof. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D., ditemani Wakil Dekan bidang Akademik, Ketua Departemen Sistem Informasi, Ketua Prodi PTI serta Kepala Sekolah dan perwakilan mitra SMK.

Perlu diketahui sebelumnya, FILKOM UB telah menjalin kerjasama dengan beberapa SMK Negeri yang ada di Kota Malang sebagai tempat pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) bagi mahasiswa Prodi PTI.

Kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pelaksanaan PLP di sekolah yang telah dilaksanakan selama semester lalu, serta memperoleh masukan dan penyampaian kendala yang dihadapi oleh mahasiswa, guru serta pihak sekolah sebagai bahan evaluasi dan perbaikan pada pelaksanaan PLP selanjutnya.

“Setiap program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang dilaksanakan memiliki tujuan yang berbeda. PLP I bertujuan untuk mengamati kultur sekolah, struktur organisasi sekolah dan tata kerja di sekolah. Sedangkan PLP II bertujuan untuk memaksimalkan kompetensi akademik mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta melatih kemampuan mengajar. Dengan terpenuhinya program tersebut, diharapkan di masa depan mahasiswa dapat menjadi tenaga pendidik yang berkualitas”, terang Herlambang selaku Kaprodi PTI

salah satu perwakilan dari SMKN 4 Malang, Muhammad Muchlisin juga menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya kerja sama yang telah dijalin oleh UB khususnya dengan FILKOM menciptakan banyak hal positif baik untuk mahasiswa, guru atau sekolah. Mahasiswa nantinya akan dapat mengenal kondisi proses belajar mengajar secara langsung serta merasakan langsung mengelola peserta didik di kelas walaupun pada semester lalu masih secara daring. Harapanya untuk semester depan dapat dilaksanakan secara luring/langsung sehingga ilmu untuk menjadi seorang guru yang profesional dapat lebih diserap oleh para mahasiswa.[drn]