Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Departemen SI Gelar Workshop Penyusunan dan Implementasi Kurikulum Berbasis OBE

Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Departemen SI Gelar Workshop Penyusunan dan Implementasi Kurikulum Berbasis OBE

Demi meningkat mutu pembelajaran di Ketua Departemen Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Unversitas Brawijaya, maka diadakan Workshop Penyusunan dan Implementasi Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) pada Senin (31/1/2022) dan Jumat (4/2/2022). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen JSI dan dikemas dalam bentuk pelatihan. Kegiatan ini dibuka oleh sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eng. Herman Tolle, ST. MT. dan Ketua Departemen Sistem Informasi (JSI), Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. serta ketua kegiatan Kegiatan dilaksanakan secara luring dan daring melalui Zoom.

“Para pengajar dituntut untuk beradaptasi dengan model pembelajaran yang dilaksanakan selama masa pandemi. Proses pemberian materi kuliah juga sebaiknya dilakukan secara interaktif agar mahasiswa tidak pasif dalam mengikuti perkuliahan secara daring. Walaupun akan menggunakan sistem hybrid para dosen dituntut untuk menciptakan kelas yang kolaboratif dan partisipatif seperti membuat modul digital” terang Herman Tolle.

Herman juga menjelaskan OBE adalah pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. OBE berpengaruh pada keseluruhan proses pendidikan dari rancangan kurikulum; perumusan tujuan dan capaian pembelajaran.

Selanjutnya Issa Arwani menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan yang dilakukan secara luring dan daring ini akan mengawali berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh JSI dalam semester genap 2021/2022 ini baik secara luring dan daring. JSI juga sudah berkomitmen dengan Ketua Program Studi bahwa akan menjalankan OBE yang akan diterapkan dengan benar. Nantinya di tengah dan akhir semester juga akan diadakan workshop dengan tujuan dokumen portofoliomata kuliah yang akan digunakan dalam keperluan akreditasi baik AQAS atau BAN-PT.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang salah satunya disampaikan oleh Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd yang menjelaskan pra OBE perkuliahan perkuliahan semester genap 2021/2022 Departemen Sistem Informasi. Diakhir sesi para peserta workshop juga diberikan kesempatan untuk mengimplementasikan OBE dalam penyususunan RPS dengan dibagi dalam kelompok. Diharapkan dengan pelatihan ini dapat menambah pemahaman dosen Departemen SI FILKOM UB terkait perencanaan dan implementasi OBE.[drn]