Workshop Serta Sosialisasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Komputer Tahun 2022

Workshop Serta Sosialisasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Komputer Tahun 2022

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melaksanakan worksop dan sosialisasi kepada dosen mengenai penelitian dan pengabdian masyarakat untuk tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at (28/1/2022) di Auditorium Algoritma FILKOM serta disiarkan secara daring melalui Zoom. Pokok utama dalam workshop ini adalah memberikan pemahaman kepada para dosen mengenai penyusunan proposal penelitian, penyusunan RAB dan LPJ penelitian, serta sosialisasi skema penelitian dan pengabdian masyarakat di tahun 2022 ini. Prof. Sukir Maryanto, S.Si., M.Si., Ph.D, Guru Besar Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) juga turut hadir dalam kegiatan workshop ini untuk membagikan ilmunya serta memberi pengarahan pada dosen FILKOM dalam penyusunan laporan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FILKOM UB, Prof. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. Kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya oleh unit BPPM dengan tujuan meningkatkan kinerja dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Terkait dengan kebijakan pendanaan, meskipun universitas memberikan pendanaan, FILKOM tetap memberikan dana untuk penenelitian di FILKOM dengan alokasi yang berbeda. Dana total tetap, tetapi saya menginginkan dengan kelompok yang lebih kecil sesuai dengan kebijakan dekanat dengan tujuan judul atau proposal lebih banyak karena sesuai dengan tolak ukur kinerja fakultas” terang Prof. Wayan.

Selanjutnya Prof. Sukir lebih banyak menyampaikan topik penyusunan proposal penelitian untuk skema pendanaan Dikti dan luar negeri. Dalam melaksanakan penelitian sebaiknya dosen dapat membuka diri untuk dapat berkolaborasi dengan dosen lainnya atau dengan bidang lain untuk dapat berkolaborasi. Prof. Sukir juga mengingatkan bahwa penelitian dan pengabdian ini masuk dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) poin ke-5 yaitu hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional atau dengan kata lain hasil riset dan pengabdian yang dimanfaatkan.

 “Sebaiknya dosen memiliki strategi untuk mengkombinasikan ataupun menghubungkan kompetensi diri kita dengan bidang-bidang yang lain, kalau kita hanya berkutat pada bidang yang kita sendiri atau tidak bisa mengkoneksikan dengan orang lain mungkin gerak kita akan terbatas, funding juga akan terbatas”, ujar Prof. Sukir.

Kegiatan dilanjut dengan paparan Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. Eng. Herman Tolle, ST., MT. yang memberikan informasi mengenai beberapa program penelitian dan pengabdian pada tahun 2022. terdapat program dari kementerian melalui Simlitabmas, dari Universitas Brawijaya dan dari FILKOM sendiri. Selain itu Herman juga memberikan sedikit tips dalam penyusunan proposal diantaranya dosen harus cermat dalam memilih topik, penyusunan proposal sesuai panduan, menghighlight manfaat dan output dari usulan proposal, memenuhi indikator penilaian dan membuat proposal yang berbeda atau menarik perhatian dari reviewer.

Sebagai penutup, Bayu Rahayudi, ST., MT selaku Ketua Badan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BPPM) FILKOM UB menjelaskan dan menyampaiakan secara singkat mengenai penelitian dan pengabdian masyarakat yang menggunakan dana DIPA. Bayu juga menginfokan timline penelitian pada tahun 2022, dimana dalam waktu dekat ada dana dari Dikti yang ditutup 10 Februari, dana DIPA UB pada akhir Februari, dan dana DIPA FILKOM UB pada akhir Maret, selain itu ada dana lain, institusi eksternal dan mandiri dengan jadwal menyusul.[drn]