Taman Wiyata Adnyana, Ruang Terbuka Hijau Sarana Edukasi Dan Kreativitas Mahasiswa

Taman Wiyata Adnyana, Ruang Terbuka Hijau Sarana Edukasi Dan Kreativitas Mahasiswa

Jika mahasiswa berkunjung ke Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB), nantinya akan dimanjakan dengan taman terbuka hijau yang cukup luas yang ditanami berbagai bunga dan tanaman hias serta pohon rindang di sisi sebelah utara Gedung F FILKOM. Itu adalah Taman Wiyata Adnyana atau dengan nama lain Edutech Garden. Taman Wiyata Adnyana ini baru dibangun pada awal tahun 2021 dengan soft opening di awal 2022 dengan diresmikan langsung oleh Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, A.R., M.S.

Taman ini memberikan sebuah public space yang teduh, rindang dan nyaman bagi mahasiswa yang ingin berdiskusi, bersantai maupun untuk berkreasi. Nantinya juga disediakan videotron atau layar panel menggunakan teknologi lampu LED dengan ukuran yang cukup besar, dan disiarkan kegiatan-kegiatan edukasi seperti kuliah tamu, video pembelajaran dari dosen, dan kegiatan yang dilaksanakan di FILKOM.

Menurut Dekan FILKOM UB, Prof. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. Taman Wiyata Adnyana atau Edutech Garden merupakan ruang terbuka hijau sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas dan unjuk karya mahasiswa serta sivitas akademika FILKOM. Terdapat Amphitheater yang merupakan simbol saling merangkul dan mendukung. Selain itu juga terdapat tulisan FILKOM berukuran besar yang dihadirkan di tengah sebagai simbol bahwa FILKOM dapat menjadi besar hingga saat ini karena kerjasama dan dukungan dari semua pihak.

Area gerbang didesain dari besar dan mengecil ke dalam, hal ini disimbolkan sebagai ide berpikir deduktif. Dimana ada pengerucutan, namunterpusat pada lingkaransebagai simbol kerjasama seluruh sivitas akademik FILKOM UB. Selain itu, ada beberapa node untuk area duduk berkelompok. Dimana nantinya mahasiswa dapat saling berinteraksi satu sama lain namun dengan pandangan keluar kesekeliling, agar dapat melihat pergerakan yang terjadi di sekitar, sebagai sumber inspirasi untuk kreativitas. Satu hal yang menarik lagi, dimana terdapat dua pohon besar yang sudah lama tumbuh, hal tersebut menjadi simbol bahwa bagian lama dari FILKOM UB tetap bersinergi dengan bentuk baru dari Taman Wiyata Adnyana.

Taman Wiyata Adnyana juga berfungsi sebagai penghasil oksigen , tempat resapan air hujan, dan fasilitas bagi flora dan fauna seperti burung maupun serangga. Taman ini juga tidak merusak ekosistem karena tetap mempertimbangkan saluran air serta memberikan kenyamanan bagi pengunjung karena sirkulasi udara yang baik. Lokasi yang terbuka ini membuat Taman Wiyata Adnyana menjadi hemat energi listrik dan air, selain itu menghemat energi gerak manusia melalui sirkulasi jalan melingkar.[drn]