Dukung Ekowisata, Filkom UB Kembangkan Website Resmi Pantai Bangsring Banyuwangi

Dukung Ekowisata, Filkom UB Kembangkan Website Resmi Pantai Bangsring Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi memiliki beragam pilihan destinasi wisata alam dan atraksi. Di antara berbagai destinasi wisata yang ditawarkan di Banyuwangi, terdapat sebuah destinasi wisata berbasis konservasi perairan bernama Bangsring Underwater atau biasa disingkat Bunder. Wisata Bangsring Underwater dikelola oleh masyarakat setermpat yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Samudera Bakti. Gerakan awal dari kelompok nelayan ini adalah mengubah kebiasaan nelayan setempat yang mulanya menggunakan bom ikan, menjadi menggunakan metode tangakapan yang ramah ekosistem. Hingga akhirnya, kegiatan kelompok nelayan ini terus berkembang, mulai dari penanaman vegetasi pantai, transpalantasi terumbu karang, hingga membuat kawasan perlindungan ekosistem laut.

Pada tahun 2014, kawasan ini dibuka untuk ekowisata. Aktifitas wisata yang bisa dinikmati oleh pengunjung antara lain: (1) wisata konservasi berupa kegiatan penanaman terumbu karang serta edukasi di rumah apung dan penangkaran hiu, (2) wisata bawah air seperti menyelam dan snorkelling, serta (3) wisata wahana air seperti berkano. Sebelumnya, pengunjung dapat langsung datang dan membeli tiket on the spot di kawasan Wisata bangsring Underwater. Namun pada masa pandemi Covid-19 ini, pengelola wisata dituntut oleh Pemerintah Daerah untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas parisiwata, salah satunya adalah pembatasan jumlah pengunjung. Terkait tututan tersebut, diperlukan adanya sistem yang mendukung layanan pemesanan (booking) dan pembelian tiket secara daring.

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya yang beranggotakan Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds.(1); Ratih Kartika Dewi, S.T., M.Kom.(2); Muhammad Aminul Akbar, S.Kom., M.T.(3); dan Prima Zulvarina, S.S., M.Pd.(4) serta dibantu dua orang mahasiswa melakukan pengembangan situs web yang mendukung layanan pemesanan (booking) dan pembelian tiket secara daring. Layanan tersebut dapat diakses melalui situs web resmi Bangsring Underwater https://bangsringunderwater.com/. Selain itu, tim juga memberikan panduan dalam bentuk modul dan video agar situs web dapat dikelola secara mandiri oleh pengelola.[drn]